oleh

Di India, Tentara yang Kegemukan Terancam Tak Naik Pangkat

image_pdfimage_print
Tentara India.(bbs)
Tentara India.(bbs)

Kabar6-Rupanya tidak hanya profesi model saja yang butuh tubuh langsing alias tidak kelebihan berat badan. Tentara di India pun tampaknya memiliki kriteria serupa.

Ya, Tentara India memerintahkan pasukannya yang mengalami obesitas untuk menurunkan berat badan, atau mereka akan kehilangan kesempatan untuk naik pangkat.

Melalui satu surat edaran yang dibagikan di markas tentara di New Delhi, dikutip dari CNN Indonesia, Tentara India mengatakan bahwa personel obesitas tidak akan ditempatkan di pos penting atau ditugaskan ke luar negeri.

Tidak hanya itu, mereka pun dilarang mengikuti kursus yang akan menunjang karier. Para tentara yang obesitas bahkan tak akan mendapatkan kesempatan untuk dipekerjakan kembali setelah pensiun, serta tidak akan diizinkan untuk tampil di perhelatan besar, seperti menjadi pengawal dalam upacara-upacara penghargaan.

Surat edaran ini disebarkan sebagai salah satu upaya dalam kampanye penurunan berat badan yang digagas oleh Kepala Staf Umum Tentara India, Dalbir Singh Suhag, yang dikenal sangat sehat dan rutin berlari 11 kilometer dalam sehari.

Kampanye ini menurutnya sangat penting karena menurut survei yang dilakukan oleh Kementerian Pertahanan India dan Dewan India untuk Penelitian Medis menunjukkan bahwa sepertiga dari keseluruhan personel tentara India mengalami obesitas karena kurang olahraga.

“Masalah obesitas ini berakibat serius,” demikian kutipan pernyataan dalam surat edaran tersebut, seperti dikutip The Telegraph.

Tentara India kemudian menjabarkan bahwa akibat tersebut termasuk pengaruhnya pada kesigapan bertempur, demikian isi surat edaran tersebut. Di samping itu, ada pula risiko mempermalukan institusi tentara di hadapan publik karena “penampilan buruk saat memakai seragam.” ** Baca juga: Waduh, Sebuah Maskapai Menerbangkan Bocah 5 Tahun ke Kota yang Salah

Selamat sehat dan langsing, ya.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email