oleh

Kapolri: Penumpang Harus Ingatkan Pengemudi Agar Tidak Ngebut

image_pdfimage_print
Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti.(bbs)

Kabar6-Seiring dengan meningkatnya arus mudik Lebaran Idul Fitri 2016 di Pelabuhan Merak, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti meminta pemudik mengutamakan keselamatan dibanding kecepatan sampai ke kampung halaman.

“Pemudik yang menuju kampung halaman kami imbau selalu berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas yang ada. Jangan ngebut. Kalau lelah, beristirahatlah,” kata Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti, usai meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Minggu (3/7/2016).

Kapolri juga meminta bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, agar mengingatkan sopir agar tak melajukan kendaraannya dalam kecepatan berlebih.
“Bukan cuma pemudik yang menggunakan mobil pribadi, bagi penumpang bus, juga harus mengingatkan sopir agar tidak ngebut,” ujar Kapolri lagi.

Sementara, Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan mengatakan, bahwa secara umum arus mudik Idul Fitri 2016 berjalan dengan aman, meski di beberapa titik mengalami kemacetan parah.

Selanjutnya, Menteri Jonan berjanji akan mengevaluasi persiapan dan proses arus mudik maupun arus balik setelah semuanya selesai. **Baca juga: 356 Napi Rutan Jambe Diusulkan Dapat Remisi Hari Raya.

“Tentunya setiap usai lebaran kita lakukan evaluasi kinerja. Sarana dan prasarana nya harus lebih baik,” tegasnya. **Baca juga: H-3 Lebaran, Total Penumpang di Bandara Soetta Capai 1.549.434.

Berdasarkan data terbaru dari PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, sejak 24 Juni hingga 03 Juli 2016, terdata sebanyak 562 ribu penumpang telah disebrangkan dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera. **Baca juga: Ada Menteri Jonan, Pemudik Keluhkan Layanan di Pelabuhan Merak.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua terdapat sebanyak 48.580, untuk kendaraan roda empat berjumlah 53.631, bus sebanyak 3.554, truck sebanyak 17.332, dan kendaraan roda empat atau lebih berjumlah 74.517 buah.(tmn)

Print Friendly, PDF & Email