oleh

Didatangi Siswa SMAN 1 Tanah Abang ke Kantor, Kejari PALI: Ini Hal Baru

image_pdfimage_print

Kabar6 – Kejaksaan Negeri (Kejari) PALI menyambut baik kunjungan Study Lapangan siswa SMA Negeri 1 Tanah Abang, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (16/10/2024).

Kasi Intelijen Kejari PALI, Rido Dharma Hermando menyampaikan pihaknya menyambut baik atas kedatangan siswa SMA Negeri 1 Tanah Abang ke Kejari PALI. Menurutnya, kunjungan tersebut merupakan hal yang baru.

Biasanya, kata Rido, pihaknya melakukan kunjungan ke sekolah untuk melakukan penyuluhan Hukum melalui program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

**Baca Juga: Siswa SMAN 1 Tanah Abang Gelar Study Lapangan ke Kejari PALI, Belajar Teknis Kerja Jaksa

Kejari PALI pun dengan senang hati mengenalkan tugas dan fungsi dari Kejaksaan dan juga edukasi hukum kepada para siswa sebagai bekal untuk siswa agar sadar hukum sejak dini.

“Ini hal baru karena biasanya Kejaksaan yang mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan Penyuluhan Hukum melalui program Jaksa Masuk Sekolah (JMS),” ujar Rido saat dikonfirmasi Kabar6, Rabu (16/10/2024) malam.

Ia menyampaikan sebelum ada permohonan dari pihak sekolah untuk melaksanakan studi pengenalan hukum kepada siswa SMA serta Kejaksaan sebagai salah satu aparat penegak hukum.

Sementara, Pelatih sekaligus Pembina Ekskul 4 Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 1 Tanah Abang, Hendra Irawan Sarel, S. Pd, SH menyampaikan 4 pilar yang di maksud adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Dalam materi UUD 1945 maupun NKRI, kita mengenal sistem tata negara dan sistem hukum Indonesia.

Sejak tahun 2015 lalu hingga saat ini, Hendra mengaku telah menjadi pelatih sekaligus Pembina Ekskul 4 Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 1 Tanah Abang. Dalam kegiatan eskul beberapa waktu lalu, anak-anak hanya di sajikan teoritis tentang sistem hukum.

“Hari ini kami mengajak anak-anak ke Kejaksaan Negeri Kabupaten PALI, kami kemas dengan nama kegiatan Study Lapangan dengan tujuan agar anak-anak lebih tahu secara teknis kerja kerja APH (Aparat Penegak Hukum) khususnya Kejari (Jaksa). Dengan begitu anak anak bisa termotivasi dan terinspirasi,” ujar Hendra saat dikonfirmasi kabar6, Rabu (16/10/2024) malam.

**Baca Juga: Debat Pertama Pilgub Banten 2024 Berlangsung Malam ini

Hendra berharap Study Lapangan secara langsung ke Kejaksaan PALI dapat menambah pengetahuan para siswa tentang lembaga yudikatif tersebut.

Selain itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kejaksaan PALI yang telah menerima para siswa SMA Negeri 1 Tanah Abang. (Oke)