oleh

Anniversary ke 25, DPD GRANAT Lampung Ajak Pengurus Selamatkan Generasi Bangsa dari Ancaman Narkoba

image_pdfimage_print

Kabar6 – Usia seperempat abad bukan waktu singkat untuk sebuah perjalanan organisasi. Ya, momen peringatan hari jadi ke-25 Granat Metro menjadi penggiat gerakan memperkuat pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika atau dikenal dengan (P4GN).

Kalimat itu yang disimpulkan dari sambutan Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kota Metro, Wahdi Sirajuddin, saat Anniversary Granat Metro ke 25 Thn di Hotel Grand Sekuntum, pada Sabtu (12/10/2024) malam.

Bukan perkara sepele, sejak menahkodai Granat kurun 2022 lalu, Wahdi telah melakukan sejumlah upaya konkret dengan pendekatan persuasif ke sekolah dan orangtua.

Langkah sosialisasi P4GN hingga upaya pengawasan lewat razia rutin menjadi ikhtiar penyelamatan generasi penerus dari pengaruh yang istilah beken dikenal Napza (Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif).

Lewat organisasi independen Granat, Wahdi yang juga berlatar belakang dokter telah mempresentasikan bahaya penggunaan narkoba yang berdampak pada gangguan kesehatan dan ganguan berpikir.

Pihaknya berkonsentrasi dengan menggandeng lintas sektoral untuk mencari solusi penanganan narkotika yang telah menyasar kalangan pelajar.

“Kolaborasi memutus P4GN. Hari ini kita sebagai anak bangsa harus memikirkan kelangsungan sumber daya manusia. Angka prevelensi narkoba tahun 2023 lalu yang disampaikan BNN ada di angka 4,8 juta, dengan paparan usia remaja mencapai 2.500-an, ” ujarnya.

** Baca Juga: Andra Soni Ingin Komunitas Peternak Tumbuh di Banten untuk Wujudkan Ketahanan Pangan

Keberadaan Granat, imbuhnya, merupakan bentuk menyiapakan generasi muda yang memiliki daya saing di tengah arus perkembangan zaman.

“Mudah-mudahan Metro bersinar lebih cepat. Semua elemen masyarakat, tidak hanya Granat, ada ormas, mahasiswa, hingga perguruan tinggi, berperan dalam misi penyelamatan generasi penerus, ” terangya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Granat Provinsi Lampung, H.Tony Eka Chandra mengajak, seluruh anggota Granat bersama masyarakat untuk turut membantu dan mendukung Pemerintah dalam upaya memberantas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Pesan saya dihari ulang tahun Granat yang ke 25 tahun 2024 ini, bahwa seluruh jajaran pengurus Granat mulai dari Provinsi sampai dengan tingkat ranting desa dan kelurahan, untuk lebih semangat lagi memberikan pengabdian terbaik kepada segenap komponen bangsa dalam membantu dan mendukung segala upaya pemerintah,” ujar Tony.

“Dalam P4GN, ini semata-mata demi untuk penyelamatan anak bangsa dari kehancuran akibat penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika,” tambahnya.

Dirinya menegaskan, untuk menyelamatkan para pecandu dan pengguna Narkotika dilakukan upaya rehabilitasi, bukan di beri hukuman.

“Agar tidak salah persepsi di tengah-tengah masyarakat, bahwa kita harus menyelamatkan para pecandu dan pengguna itu untuk dilakukan rehabilitasi, bukan dihukum. Tapi, mereka kita beri rehabilitasi agar kembali hidup normal ditengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Puncak Anniversary 25 Tahun Granat Kota Metro ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua DPC Granat, Dr. dr. H. Wahdi Sirajuddin, SpOG (K), MH yang diberikan kepada Ketua DPD Granat Lampung, Toni Eka Candar, Ketua DPRD Kota Metro, Ria Hartini, kepada semua ketua-ketua DPC Granat seluruh Lampung termasuk kepada Ketua Harian DPD Granat Lampung, H. Rusfian Effendi dan lainnya.

Acara Anniversary 26 Tahun Granat Kota Metro dimeriahkan juga musik, pembacaan puisi oleh penyair Nasional Naim Emel Prahana dengan judul ‘Tiba’ dan ‘Selamat Malam Cucuku” serta stand up comedy oleh Raden Yusuf. (Red)