oleh

Diculik Sejak 1951, Pria AS Ini Akhirnya Ditemukan Saat Berusia 79 Tahun

image_pdfimage_print

Kabar6-Setelah menjadi korban penculikan saat berusia enam tahun, Luis Armando Albino yang kini berusia 79 tahun akhirnya ditemukan. Saat penculikan terjadi pada 1951, Albino tengah bermain di taman Oakland, California, Amerika Serikat (AS).

Albino ditemukan berkat bantuan keponakannya, Alida Alequin (63), lewat tes leluhur daring, foto-foto lama, dan kliping koran. Menurut laporan, melansir npr, Alequin dengan bantuan dari polisi, FBI, dan Departemen Kehakiman berhasil menemukan pamannya yang tinggal di Pantai Timur. Albino adalah seorang ayah, kakek, dan seorang pensiunan pemadam kebakaran serta veteran Korps Marinir yang bertugas di Vietnam.

Alequin menemukan Albino dan mempertemukannya kembali dengan keluarganya di California pada Juni lalu. Diceritakan, pada 21 Februari 1951, seorang wanita membujuk Albino dan berjanji akan membelikannya permen. Wanita tadi menculik Albino, menerbangkannya ke Pantai Timur, tempat sepasang suami istri membesarkan Albino, seolah-olah ia adalah anak mereka sendiri.

Ibunda Albino meninggal pada 2005, tetapi tidak pernah putus asa bahwa putranya masih hidup. Polisi Oakland mengakui upaya Alequin memainkan peran penting dalam menemukan pamannya dan bahwa hasil dari cerita ini adalah apa yang telah diperjuangkan.

Saudara Albino yang bernama Roger diinterogasi beberapa kali oleh penyidik, tetapi tetap pada ceritanya tentang seorang perempuan dengan bandana di kepalanya yang membawa saudaranya. Dugaan pertama bahwa pamannya mungkin masih hidup muncul pada 2020 ketika Alequin mencoba mengikuti tes DNA daring.

Tes tersebut menunjukkan kecocokan 22 persen dengan seorang pria yang akhirnya ternyata adalah pamannya. Pencarian lebih lanjut pada saat itu tidak membuahkan jawaban atau tanggapan apa pun darinya.

Pada awal 2024, Alequin dan kedua putrinya mulai mencari lagi. Saat berkunjung ke Perpustakaan Umum Oakland, dia melihat mikrofilm artikel Tribune, termasuk satu yang berisi foto Luis Albino dan Roger yang meyakinkan Alequin bahwa dia berada di jalur yang benar.

Alequin lantas pergi ke polisi Oakland pada hari yang sama. Para penyelidik akhirnya setuju bahwa petunjuk baru itu cukup kuat, dan kasus orang hilang.

Polisi Oakland mengatakan minggu lalu bahwa kasus orang hilang ditutup, tetapi mereka dan FBI menganggap penculikan itu masih penyelidikan terbuka.

Albino ditemukan di Pantai Timur dan memberikan sampel DNA, begitu pula saudara perempuannya, Alequin. Pada 20 Juni 2024, para penyelidik pergi ke rumah Alequin, dan memberi tahu bahwa pamannya telah ditemukan.

“Kami baru mulai menangis setelah para penyelidik pergi,” kata Alequin. “Saya meraih tangan ibu saya dan berkata, kami menemukannya. Saya sangat gembira.”

Pada 24 Juni, dengan bantuan FBI, Albino datang ke Oakland bersama anggota keluarga dan bertemu dengan Alequin, dan kerabat lain. Keesokan harinya, Alequin mengantar sang ibu dan Albino ke rumah Roger di Stanislaus County, California.

“Mereka berpelukan erat dan berpelukan lama sekali. Mereka duduk dan berbincang,” kata Alequin, membahas hari penculikan, dinas militer mereka, dan banyak lagi.(ilj/bbs)