oleh

Geger Calon Bupati Pandeglang Masih Dilantik Anggota DPRD Banten, Begini Penjelasan Golkar

image_pdfimage_print

Kabar6-Pelantikan bakal calon bupati Kabupaten Pandeglang Fitron Nur Ikhsan dilantik menjadi anggota DPRD Banten kemarin. Pelantikan Fitron membuat geger, terlebih Fitron sudah menyatakan mengundurkan diri sebagai Caleg terpilih 2024 dan sudah ditembuskan ke KPU Pandeglang.

Golkar Banten memberikan penjelasan alasan Fitron Nur Ikhsan selaku bakal calon bupati Kabupaten Pandeglang dilantik menjadi Anggota DPRD Banten.

Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Banten Bahrul Ulum membenarkan, Fitron Nur Ikhsan sudah melayangkan surat pengunduran diri sebagai calon anggota DPRD Banten terpilih ke DPD Golkar Banten.

**Baca Juga: Hadir Diacara Pembinaan RT/RW Calon Bupati Pandeglang Dilaporkan ke Bawaslu

Golkar dikatakan Bahrul sudah memproses pengunduran diri Fitron dan sudah disampaikan kepada KPU. Namun menurut Bahrul lantaran surat keputusan menteri dalam negeri (Kemendagri) lebih cepat terbit dari proses pengajuan pengganti Fitron.

“Namun karena kemarin SK Mendagri-nya sudah terbit dulu sebelum proses penggantiannya, maka pak Fitron dilantik terlebih dahulu,” kata Bahrul usai pelantikan anggota DPRD Kabupaten Serang, Selasa (3/9/2024).

Bahrul menjelaskan, mekanisme pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD, diawali dari DPD Golkar mengajukan ke KPU berikut perolehan suara Caleg berikutnya setelah Fitron yakni Anton Khoerussamsi.

KPU menyampaikan surat ke DPRD, kemudian DPRD menyampaikan kepada gubernur Banten, selanjutnya diteruskan ke Kemendagri.

“Gubernur ke Depdagri untuk proses penerbitan surat keputusannya,”jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Serang sementara ini tidak bisa memastikan kapan proses PAW tersebut selesai, karena hal itu keputusannya ada di Mendagri dan gubernur Banten.

Ia memastikan, proses proses pergantian itu akan selesai sebelum penetapan calon bupati pada 22 September 2024.

“Pada saat penetapan Paslon tanggal 22 September, pemberhentian ini sudah selesai, (tinggal) ranah-nya sudah di KPU,”pungkasnya.

Diketahui selain Fitron Nur Ikhsan dari 100 Anggota DPRD Banten yang dilantik, bakal calon wakil gubernur Ade Sumardi juga ikut dilantik sebagai anggota DPRD Banten terpilih 2024.

Ade mendampingi Airin Rachmi Diany maju di Pilgub Banten diusung oleh Golkar dan PDI-Perjuangan.(Aep)

Print Friendly, PDF & Email