oleh

Airin Intip Potensi Pajak Daerah Ini Jika di Banten Digarap Optimal

image_pdfimage_print

Kabar6-Dana bagi hasil yang diterima pemerintah kabupaten/kota dirasakan jauh dari harapan. Padahal pengenaan pajak air permukaan yang selama ini dipungut oleh provinsi potensial menambah pundi-pundi pendapatan daerah.

Bakal calon gubernur Banten, Airin Rachmi Diany menaruh perhatian terhadap pajak air permukaan. Ia mengaku sempat diskusi dengan teman duetnya bakal calon wakil gubernur Ade Sumardi dan koleganya di Fraksi Golkar.

“Dan saya mencoba mempelajari. Maka salah satunya adalah bagaimana kita melakukan inovasi terhadap potensi pendapatan,” katanya di Serang dikutip Selasa (3/9/2024).

**Baca Juga: Politisi Golkar: Pengunduran Ade Sumardi dari DPRD Terpilih Berada di Tangan KPU

Airin jelaskan, Banten punya Waduk Karian dan Waduk Sindang Hela. Pemerintah provinsi dapat menggandeng perusahaan daerah di kabupaten/kota yang bergerak dalam bisnis layanan air bersih.

Berdasarkan hasil turun ke lapangan di 1400 desa se-Banten, lanjutnya, masyarakat sangat membutuhkan ketersediaan air bersih. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten/kota didukung provinsi mesti sadar terhadap tugas dan kewajiban untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat di Banten.

“Maka kita pun juga kewenangan yang kita punya terhadap pajak air permukaan. Kota bisa maksimalkan untuk ada celah fiskal hal potensi pendapatan juga banyak yang lainnya, dan makanya membangun di Banten harus membuat skala proritas, enggak bisa semuanya,” tegas Airin.

Menurutnya, selain pajak air permukaan juga masih banyak potensi penambah kas daerah lainnya yang belum dioptimalkan. Banten punya hutan mangrove. Ada potensi pendapatan yang dikerjasamakan dengan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD).

Airin bilang, jika potensi pajak karbon yang dikenakan terhadap pemakaian bahan bakar berdasarkan kadar karbon serius digarap nilainya cukup tinggi. Potensi pendapatan daerah dari sektor pajak karbon sekitar Rp 350 miliar per tahun.

“Itu masih kasaran. Ini masih asumsi, tetapi banyak hal-hal yang harus kita lakukan contoh misalnya pajak kendaraan bermotor,” ujarnya.

Airin bilang, jika tingginya tarif pengenaan pajak karbon konsisten diterapkan demi terwujudnya zero karbon, maka warna air laut di perairan Banten dapat menjadi biru.(Yud)

Print Friendly, PDF & Email