oleh

Dituding Diskriminasi, Sebuah Perusahaan di Tiongkok Tuai Kecaman Karena Cari Karyawan Berdasarkan Shio

image_pdfimage_print

Kabar6-Sebuah perusahaan yang terlerak di Guangzhou, Provinsi Guangdong, Tiongkok, dituding melakukan diskriminasi dan menuai kecaman usai mengunggah iklan lowongan pekerjaan untuk staf administrasi.

Rupanya, melansir economictimes, perusahaan yang tak disebutkan namanya itu menerima karyawan berdasarkan shio, dan meminta agar pelamar yang lahir pada tahun anjing untuk tidak ikut mendaftar karena mereka akan langsung ditolak. Awalnya, lowongan pekerjaan tersebut terlihat biasa saja, mencantumkan syarat pengalaman kerja dan kemampuan mengoperasikan perangkat lunak perkantoran hingga gaji sebesar sekira Rp8,8 juta per bulan.

Namun, satu hal yang menarik perhatian adalah keterangan pendek yang meminta agar calon pegawai kelahiran tahun anjing untuk tidak ikut melamar. Keruan saja hal tersebut langsung memicu kontroversi di media sosial, dengan banyak yang menuduh perusahaan tersebut melakukan diskriminasi.

Namun, salah satu sumber di perusahaan itu mengungkapkan, bos mereka lahir di tahun naga dan meyakini bahwa ia tidak cocok dengan orang-orang yang lahir di tahun anjing.

“Merekrut karyawan yang lahir di tahun anjing akan merugikan perkembangan perusahaan, jadi ia secara khusus menekankan bahwa ‘orang-orang bershio anjing’ tidak boleh mengirimkan CV,” kata sumber tersebut, seraya menambahkan bahwa tidak ada batasan khusus lainnya yang berlaku.

Sebenarnya, diskriminasi bukanlah hal yang tidak biasa di pasar kerja Tiongkok, tetapi keanehan ‘diskriminasi zodiak’ memicu kemarahan di kalangan netizen.

“Saya selalu berpikir sulit untuk mendapatkan pekerjaan setelah usia 35 tahun, tetapi saya tidak menyangka zodiak saya akan menjadi masalah,” tulis seorang pengguna media sosial. “Apa yang salah dengan saya yang lahir di tahun anjing? Saya tidak mengidap rabies,” komentar lainnya.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email