oleh

100 Anggota DPRD Banten Terpilih Dilantik 2 September 2024

image_pdfimage_print

Kabar6-Anggota DPRD Banten hasil Pemilu 2024 akan segera dilantik. Pelantikan wakil rakyat itu akan berlangsung pada 2  September 2024 mendatang. Prosesi pelantikan akan dipimpin oleh Pengadilan Tinggi Banten

“Untuk pelantikan anggota DPRD periode 2024-2029 Provinsi Banten itu akan dilaksanakan pada 2 September,” kata Kabag Perundang-Undangan, Fasilitasi Anggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Banten Furkon, Jumat (2/8/2024).

Jumlah anggota DPRD di tahun 2024 berbeda dari tahun sebelumnya yakin hanya berjumlah 85 anggota. Namun untuk DPRD Banten periode 2024-2029 ada penambahan 15 kursi, sehingga jumlah totalnya 100 kursi.

**Baca Juga: Dubes Palestina: Terimakasih untuk Imam Besar Masjid Istiqlal dan Masyarakat Indonesia

Berdasarkan surat edaran dari Kemendagri, pelantikan itu bakal dipimpin oleh lama. Nantinya akan diserahterimakan kepada pimpinan sementara.

“Kemudian, dilakukan prosesi pelantikan setelah itu ada serah terima dari pimpinan lama kepada pimpinan sementara, dari keanggotaan yang baru,”ungkap Furqon.

Menurutnya, pimpinan sementara diambil dari partai politik yang mendapat suara terbanyak ke satu dan kedua. Kemudian, dilanjutkan dengan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD).

“Kita harapkan bisa cepat terbentuk AKD nya sehingga DPRD bisa melaksanakan fungsinya dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada,”tutupnya.(Aep)

Print Friendly, PDF & Email