oleh

Pada 2026 Mendatang NASA Berencana Eksperimen Bercocok Tanam di Bulan

image_pdfimage_print

Kabar6-NASA mengumumkan tiga eksperimen sains misi Artemis 3 yang bakal diluncurkan ke Bulan pada 2026 mendatang, di mana salah satunya adalah studi tentang bagaimana tanaman bisa tumbuh di Bulan.

Eksperimen tersebut, melansir earth, dijuluki LEAF (Lunar Effects on Agricultural Flora), akan menjadi eksperimen pertama yang mengamati fotosintesis tanaman, pertumbuhan dan respons stres sistemik dalam radiasi ruang angkasa dan gravitasi parsial.

“Data pertumbuhan dan perkembangan tanaman, serta parameter lingkungan yang diukur dengan LEAF, akan membantu para ilmuwan memahami kegunaan tanaman yang ditanam di bulan untuk nutrisi manusia dan penunjang kehidupan di bulan dan sekitarnya,” demikian pernyataan resmi pejabat NASA.

Namun tidak dijelaskan bagaimana teknis eksperimen yang akan dilakukan oleh para astronaut di Bulan. Tapi yang pasti, sambil menjalankan LEAF, dua eksperimen baru lainnya yang bakal dikerjakan adalah Lunar Environment Monitoring Station (LEMS) dan Lunar Dielectric Analyzer (LDA).

ILEMS adalah rangkaian seismometer otonom yang akan mendeteksi gempa Bulan hingga dua tahun setelah digunakan. Sementara LDA akan mengukur kemampuan regolith Bulan, lapisan atas debu dan kerikil Bulan untuk menyebarkan medan listrik.

Sejauh ini tidak ada jaminan bahwa LEAF, LEMS dan LDA akan terbang dengan Artemis 3. Meski itu adalah rencana saat ini, keputusan final mengenai misi tersebut akan ditentukan di kemudian hari, mengingat kru Artemis 3 sendiri juga belum diumumkan.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email