oleh

Kehabisan Tiket Saat Arus Mudik Idul Fitri 2024, Begini Solusi ASDP di Pelabuhan Merak

image_pdfimage_print

Kabar6-PT ASDP Indonesia Ferry pernah kehabisan tiket saat arus mudik Idul Fitri 2024 kemaren. Agar hal itu tidak terulang kembali, dibutuhkan penambahan dermaga dan kapal yang beroperasi di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Penambahan tiga pasang dermaga juga membantu kelancaran lalu lintas, agar tidak terjadi kemacetan panjang hingga keluar Pelabuhan Merak.

“Ada penambahan tiga pasang dermaga, karena setiap dermaga berisi 4 kapal, misalkan 10 dermaga itu 40 beroperasi dan 28 itu off untuk siap berlayar,”ujar Bambang Haryo, pengamat transportasi laut, di kantor BPTD Banten, pada Selasa malam, (23/08/2024).

**Baca Juga: Kapal Ferry Nunggak Gaji Rp6,2 Miliar, Ratusan Perkerja Kapal Ngadu ke KSOP Banten

Penambahan tiga dermaga juga sekaligus menyediakan ketersediaan transportasi laut di lintasan Selat Sunda. Sehingga tidak ada lagi kehabisan tiket saat arus mudik Idul Fitri 2024, seperti yang dikatakan pihak PT ASDP Indonesia Ferry.

Saat ini, ada 68 kapal Roll On Roll Off atau RoRo yang ada di Selat Sunda dan bersandar di tujuh dermaga. Jika bisa ditambah tiga dermaga lagi, maka ada 40 kapal yang beroperasi dan 28 istirahat untuk bergantian berlayar.

Penambahan dermaga bisa dilakukan sendiri oleh PT ASDP Indonesia Ferry atau menggunakan Penanaman Modal Nasional (PMN).

“Pelayanan tertinggi itu ketersediaan kapasitas angkut, ketersediaan kapasitas terpasang, kalau tidak menyediakan kapasitas angkut maka transportasi itu gagal, tiket misalnya moda transportasi 6 bulan sebelumnya kehabisan, itu artinya gagal, perhubungan gagal, transportasi gagal, jadi ini yang tidak boleh terjadi di semua moda transportasi di Indonesia,” terangnya.(Dhi)

Print Friendly, PDF & Email