oleh

Pemkot Tangerang Kerja Sama dengan 5 Rumah Sakit untuk Rujukan Perawatan Stunting

image_pdfimage_print

Kabar6-Berbagai upaya dalam mengentaskan stunting, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan lima rumah sakit swasta di Kota Tangerang sebagai rujukan perawatan stunting. Penandatanganan tersebut dilakukan di Hotel d’prima, Selasa (9/7/2024).

Kepala Dinas Kesehatan dr. Dini Anggraeni mengatakan, lima rumah sakit tersebut adalah RSUP Sitanala, RS Sari Asih Ciledug, RS Hermina Periuk, RS Primaya, dan RS An Nisa. Rumah sakit tersebut untuk memperkuat dan mempermudah rujukan untuk perawatan anak-anak yang stunting.

“Jadi, kami sudah melakukan mapping mana saja sesuai dengan wilayah-wilayah kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Sehingga, dengan kerja sama ini mempermudah akses yang sebelumnya ada di RSUD Kota Tangerang,” ujar Dini.

**Baca Juga:Jasad Pria Ditemukan di Depan Nisan Kuburan Cina Karawaci Diduga Overdosis

Ia melanjutkan, perawatan yang akan diberikan adalah di antaranya konsultasi dengan dokter spesialis anak terhadap rujukan stunting dari puskesmas. Lalu, akan ada pemeriksaan gizi, penyakit-penyakit kronis apabila diderita, dan apakah stunting akibat penyakit kronis atau bawaan.

“Nanti, dokter spesialis anak akan memeriksa apakah ada penyakit kronis yang diderita anak tersebut. Jika ada, maka harus diselesaikan terlebih dahulu dan dilihat stuntingnya apakah efek dari penyakit kronis atau bawaan. Nanti, dokter spesialis anak akan merumuskan apa saja yang harus dilakukan terhadap anak tersebut, lalu ditata laksana apabila ada yang dilaksanakan di puskesmas,” lanjutnya.

Dini menegaskan, perawatan rujukan tersebut gratis tanpa dipungut biaya. Diharapkan, dengan berbagai penanganan dan program yang dilaksanakan tidak ada kasus stunting baru di Kota Tangerang.

“Mudah-mudahan, dengan berbagai program tersebut tidak ada kasus stunting baru di Kota Tangerang. Sehingga, anak-anak di Kota Tangerang tumbuh menjadi generasi yang sehat dan cerdas,” tandasnya. (Oke)

 

Print Friendly, PDF & Email