oleh

Pantang Menyerah, Pria India yang Kalah 238 Kali dalam Pemilu Kembali ‘Nyalon’

image_pdfimage_print

Kabar6-Pria asal Negara Bagian Tamil Nadu, India, bernama K. Padmarajan (65) ini memang layak dijuluki sebagai ‘Raja Pemilu’ dan ‘Pecundang Pemilu Terbesar di Dunia’, karena selalu kalah dalam ratusan pemilu selama tiga dekade terakhir, padahal telah menghabiskan ribuan dolar untuk biaya pendaftaran.

Tidak tanggung-tanggung, melansir timesofindia, Padmarajan yang berprofesi sebagai tukang reparasi ini telah berpartisipasi dalam 238 pemilu. Padmarajan menegaskan, kemenangan adalah tujuan kedua, dan ketangguhan serta menerima kekalahan adalah kuncinya, tidak ada yang lebih baik darinya. “Semua kandidat mengincar kemenangan dalam pemilu, saya tidak,” kata K. Padmarajan.

Setelah 238 kali gagal dalam pemilu, Padmarajan tetap ingin mencoba peruntungannya. Tahun ini, Padmarajan akan memasuki pemilunya yang ke-239, di mana kali ini akan memperebutkan kursi parlemen di Distrik Dharmapuri, Tamil Nadu.

‘Karier’ Padmarajan dimulai pada 1998, ketika mencalonkan diri untuk jabatan resmi di kampung halamannya di Mettur. Padmarajan tahu dia hampir tidak punya peluang, tapi dia ingin menunjukkan bahwa orang biasa mana pun berhak mencalonkan diri untuk posisi resmi.

Selama tiga dekade terakhir, Padmarajan telah kalah melawan sejumlah tokoh penting, termasuk Perdana Menteri India Narendra Modi atau pendahulunya Atal Bihari Vajpayee dan Manmohan Singh.

Namun, Padmarajan mengaku ingin menjadi teladan bagi generasi muda. Untuk menginspirasi masyarakat agar mengikuti jejaknya dan menunjukkan ketekunan dalam kehidupan sehari-hari.

Kini Padmarajan memberikan ceramah kepada siswa tentang resiliensi dan mengatasi kekalahan.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email