oleh

Harga Burger Ini Bikin Anda Kenyang Duluan

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Hamburger (atau seringkali disebut dengan burger) adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay.

Sebagai sausnya, burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju, asinan, serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan ham.

Biasanya harga sebuah burger pun bervariasi. Tapi rata-rata tidak akan membuat Anda harus merogoh kocek dalam. Namun hal ini tidak berlaku untuk burger besutan Juicy Foods di Corvallis, Oregon, Amerika Serikat.

Harga burger tersebut, dikutip dari cnnindonesia.com, akan membuat Anda keblinger. Bagaimana tidak, setangkap burger dibanderol seharga Rp4,1 miliar.

Dilansir dari laman Huffington Post, burger bernama “Totally Artificial Lab-Grown” ini benar-benar diciptakan di laboratorium menggunakan mesin pencetak tiga dimensi.

Daging burger itu merupakan daging sintetis yang dikulturkan di laboratorium oleh para peneliti di Maastricht University, Belanda, dengan pendanaan dari salah satu pendiri Google, Sergey Brin.

Tim peneliti berhasil menciptakan daging sintetis dengan mengambil sel otot dari sapi, yang kemudian ditumbuhkan menjadi jaringan. Kemudian, jaringan itu dibentuk menjadi patty menggunakan teknik cetak tiga dimensi.

Rupanya, ide penemuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dunia di masa depan akan makanan alternatif berupa daging sintetis yang murah.

Sayangnya, hingga saat ini harapan tersebut belum bisa terpenuhi, lantaran biaya pembuatan daging burger itu saja mencapai US$300 ribu per buah. ** Baca juga: Daftar Koleksi Barang Termewah di Dunia

Diketahui, daging sintetis memiliki tekstur yang sama dengan dagaing biasa, namun dibuat lebih sehat tanpa lemak. Karena itulah rasa gurih dan lezat dari daging sepenuhnya hilang.(ilj/bbs)