oleh

Intip Kandungan Gizi Dalam Udang

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Udang adalah hewan yang hidup di perairan khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.

Berbagai macam olahan berbahan dasar udang sering kita jumpai dalam daftar menu restoran atau warung seafood. Dikutip dari vemale.com, dalam seekor udang terkandung sekitar tujuh kalori.

Jika Anda makan lebih dari 10 ekor udang, jumlah kalorinya masih sedikit dibanding dengan dada ayam yang mencapai 85 kalori. Artinya, udang memiliki kalori yang rendah.

Selain itu, udang banyak mengandung protein, kadar air tinggi, protein sekitar 20 gram dalam satu ekornya, sedikit lemak serta karbohidrat.

Nutrisi lainnya yang terkandung di dalam udang adalah dalam empat ons udang kukus mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan harian selenium, lebih dari 75 persen vitamin B12, lebih dari 50 persen kebutuhan fosfor, dan lebih dari 30 persen untuk kolin, tembaga, dan yodium. 

Selenium berperan penting sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel dan DNA yang dapat menyebabkan penuaan dini, menjaga kekebalan tubuh dan fungsi tiroid.

Nutrisi lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan yang ada didalam udang adalah astaxanthin, yang terbukti membantu mengurangi peradangan, penuaan dini dan penyakit. ** Baca juga: Wah, Tersenyum Itu Bisa Menular Lho

Yuk, tambahkan udang dalam menu harian Anda.(ilj/bbs)