oleh

Yummy…Tikus Jadi Menu Favorit Mafia Narkoba di Italia

Kabar6-Hal tak terduga ditemukan polisi Italia saat menggerebek sarang mafia narkoba lokal. Tak hanya menangkap pelaku, polisi juga menyita ratusan ekor tikus mati yang rencananya akan diolah menjadi makanan.

Penggerebekan sarang mafia sekaligus ladang ganja milik klan Mafia Ndrangheta Calabria ini dilakukan di daerah Italia bagian selatan. Polisi menangkap tiga pelaku dan menemukan 235 ekor tikus mati. Rupanya, melansir thedailybeast, klan mafia tersebut memang sengaja memelihara tikus untuk dimakan, sebagai ritual perdamaian. Tikus sendiri dikenal sebagai menu favorit dari klan Mafia Ndrangheta Calabria. Mereka akan menyajikannya kepada para tamu pada makan malam rekonsiliasi.

Giovanni Malara, pendiri kelompok anti-perburuan liar Gruppo Adorno mengatakan, polisi mengetahui telah terjadi perselisihan antarklan. Mereka mengadakan makan malam perdamaian dengan hidangan menu tikus.

Meskipun melanggar hukum untuk menangkap atau memakan tikus liar, hewan pengerat ini dipandang sebagai makanan lezat di beberapa daerah di sekitar Italia selatan. Bahkan, beberapa restoran sengaja membiarkan tikus tetap utuh saat dihidangkan.

Saat itu, tikus-tikus liar masih hibernasi, para pemburu terkadang mengambil dormice muda dari sarangnya. Mereka lalu membesarkannya hingga bisa disajikan sebagai makanan.

“Sangat kejam untuk memburu mereka dan menyimpannya di kandang. Itu perlakuan buruk terhadap hewan liar yang dilindungi oleh hukum,” kata Francesca Manzia, dari Lipu yaitu sebuah badan amal perlindungan satwa liar.

Diketahui, tradisi ini sudah ada sejak zaman Romawi dan makanan tersebut juga dinikmati di beberapa bagian Kroasia dan Slovenia. ** Baca juga: Pria Singapura Perkosa Anak Kandungnya Demi Turuti Saran Ahli Feng Shui

Penasaran mencoba? (ilj/bbs)

Berita Terbaru