oleh

Yuk, Sarapan di Waktu yang Tepat dengan Menu Pas

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang, rutin sarapan akan menjaga berat badan ideal. American Heart Association dan Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa mereka yang jarang sarapan memiliki risiko penyakit jantung 27 persen lebih tinggi dibanding mereka yang rajin sarapan.

Berbagai penelitian juga menemukan bahwa mereka yang jarang sarapan berisiko dua kali lipat lebih besar untuk menderita diabetes di kemudian hari.

Sebenarnya kapan waktu sarapan yang tepat? Dikutip dari Klik Dokter, sebuah penelitian di Inggris yang dilakukan pada 1.000 responden menunjukkan bahwa waktu sarapan yang terbaik adalah antara pukul 7.00 hingga 11.00.

Penelitian lain mengatakan bahwa waktu terbaik untuk sarapan adalah 30 menit setelah Anda bangun tidur, tetapi tidak lebih dari pukul 10.00. ** Baca juga: Sayuran Sebaiknya Habis dalam Tempo 6 Jam Setelah Dimasak

Selanjutnya beberapa penelitian menyimpulkan bahwa menu sarapan yang baik harus terdiri dari protein, serat, kalsium, dan sedikit lemak. Nutrisi tersebut bisa diperoleh misalnya dengan mengonsumsi segelas susu, semangkuk serealia, sebutir telur, segelas yoghurt, atau satu buah apel.

Sementara serat bisa didapat dari buah dan serealia. Sedangkan kalsium, lemak, dan protein diperoleh dari susu dan yoghurt. Jenis dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan kalori harian Anda.

Jadi, jangan pernah lewatkan waktu sarapan Anda ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru