oleh

Yuk, Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Kabar6-Tubuh tidak menerima asupan makanan atau pun air kurang lebih 13 jam selama berpuasa. Karena itulah, penting untuk mengonsumsi hidangan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh waktu berbuka dan sahur.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan, melansir herworld, agar daya tahan tubuh tetap terjaga saat puasa. Apa sajakah itu?

1. Penuhi asupan air
Jumlah cairan yang dibutuhkan oleh setiap orang memiliki perbedaan, terutama dalam kegiatannya sehari-hari. Namun biasanya orang dewasa membutuhkan 2-3 liter air setiap harinya.

Selain air putih, ada pula beberapa minuman yang bisa dikonsumsi seperti jus, susu tanpa gula, kafein dan juga teh. Dan untuk menjaga daya tahan tubuh secara maksimal, hindari minum-minuman bersoda dan beralkohol.

2. Pilih makanan sehat
Cleveland Clinic Abu Dhabi juga menjelaskan bahwa makanan yang tinggi akan serat juga efektfi untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Kandungan ini tentu dengan mudahnya bisa ditemui di dalam sayuran dan buah-buahan seperti semangka, labu, bayam, dan lannya.

Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air yang berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, sehingga menjaga kandungan air di dalam tubuh menjadi penting untuk menghindari dehidrasi yang berefek pada menurunnya fungsi organ tubuh mengeluarkan racun dari dalam.

3. Olahraga dan istirahat dengan cukup
Banyak orang yang memanfaatkan puasa sebagai momen untuk menurunkan berat badan. Meskipun tak salah untuk melakukannya, upaya yang dilakukan perlu seimbang dengan istirahat.

Hal ini karena beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa walaupun berpuasa, tubuh tetap mendapatkan energi yang sama seperti sebelumnya. ** Baca juga: Menurut Sains, Ini 5 Diet Sehat yang Terbukti Efektif

4. Konsumsi madu
Selain bisa mengobati luka dan gangguan saluran cerna dan lainnya, mengonsumsi madu secara teratur bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk menjaga tubuh saat puasa.

5. Habbatusauda
Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa bisa juga dengan mengonsumsi habbatussauda atau jintan hitam secara rutin saat sahur. Hal ini karena kandungan yang dimilikinya efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru