oleh

Yuk, Cuci Tangan Usai Pegang 7 Benda Ini untuk Hindari Virus

Kabar6-Pencegahan penyebaran penyakit, termasuk virus korona (COVID-19) sebenarnya bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Menjaga kebersihan dengan cara rajin mencuci tangan sangat berperan mengurangi risiko terinfeksi berbagai virus.

Ya, mencuci tangan dapat mengurangi penyebaran bakteri, virus, dan kuman lainnya. The Center for Disease Control and Prevention di Atlanta, Amerika Serikat, menyarankan Anda untuk mencuci tangan dengan cara mengusapkan kedua telapak tangan bersama sabun dan air bersih atau hand sanitizer berbasis alkohol.

Di sisi lain, meskipun tampak tidak berbahaya, melansir Femina, beberapa benda tertentu dianggap berpotensi menyebarkan virus atau bakteri. Karena itulah, Anda dianjurkan mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda berikut. Apa saja ketujuh benda yang dimaksud?

1. Uang
Ketika menyentuh uang kertas maupun uang logam, bakteri seperti salmonella dan E.coli dapat menyebar. Anda tak pernah tahu sebersih apa tangan orang yang menyentuh uang itu sebelumnya. Cucilah tangan setelah memegang uang guna menghindari penyebaran bakteri.

2. Gagang pintu atau fasilitas untuk pegangan tangan di tempat umum
Benda untuk tumpuan atau pegangan tangan pada fasilitas umum sangat berpotensi menyebarkan kuman. Misalnya, gagang pintu toilet umum, pegangan escalator, dan tumpuan tangan di berbagai transportasi umum, seperti bus, kereta, dan sebagainya.

Dermatologist Katy Burris merekomendasikan untuk mencuci tangan setelah menyentuh salah satu benda-benda tersebut untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri.

3. Daftar menu rumah makan
Meskipun tampak bersih, restoran dapat menjadi sumber kuman. Peneliti dari Universitas Arizona menemukan, daftar menu dapat mengandung 185 ribu bakteri karena disentuh oleh banyak orang. Cucilah tangan setelah menyentuh daftar menu, terutama sebelum menyentuh hidangan di rumah makan.

4. Hewan
Ilmuwan Nesochi Okeke-Igbokwe menyarankan untuk mencuci tangan setelah menyentuh hewan. “Hewan dapat membawa beragam penyakit, dan karena hewan peliharaan seringkali dianggap aman, orang-orang seringkali abai mencuci tangan setelah menyentuh hewan tersebut,” jelasnya.

5. Layar sentuh pada fasilitas umum
Layar sentuh pada berbagai fasilitas umum berpotensi sebarkan kuman karena disentuh oleh banyak orang. Misalnya, mesin ATM dan pemindai sidik jari di mesin absensi kantor.

6. Spons dan peralatan dapur
Mempersiapkan makanan di dapur butuh lingkungan higienis dan tangan yang bersih. Peralatan masak, kain lap, dan makanan itu sendiri bisa saja penuh kuman.

Talenan, lap dapur, dan spons pembersih adalah beberapa alat dapur yang paling berpotensi sebarkan kuman. Sebuah studi menemukan, 326 spesies bakteri yang berbeda hidup dalam spons dapur yang telah digunakan.

Katy Burris, menganjurkan untuk mencuci tangan sebelum mempersiapkan makanan atau setelah mengolah daging mentah. Selain itu, rutinlah mengganti spons pembersih di dapur.

7. Bandara
Menurut Federal Aviation Administration, sekira 2,6 juta penumpang pesawat terbang melakukan perjalanan setiap hari. Ini membuat bandara menjadi rumah bagi ribuan jenis bakteri.

Menurut penelitian yang dipublikasi oleh BMC Infectious Disease, wadah penyimpanan benda-benda penumpang yang digunakan dalam proses pengecekan barang bawaan sangat berpotensi terkontaminasi virus dan bakteri. ** Baca juga: Haruskan Kita Tidur Siang?

Jadi, cucilah tangan setelah beraktivitas untuk menghindari penyebaran penyakit, termasuk COVID-19.(ilj/bbs)

Berita Terbaru