oleh

Yuk Belajar Membaca Pikiran

ilustrasi bbsKabar6-Anggapan umum bahwa membaca pikiran adalah ladang paranormal tidak sepenuhnya benar. Anda boleh tidak percaya, namun dalam kehidupan sehari-hari, manusia sebenarnya mampu mengetahui pikiran dan perasaan seseorang saat berinteraksi, untuk menentukan langkah selanjutnya, termasuk keputusan yang akan diambil. Kemampuan membaca pikiran ini, disebut sebagai emphatic accuracy.

 

Menurut Ross Buck, profesor Communication Sciences di University of Connecticut, kemampuan membaca pikiran terbentuk melalui jutaan tahun evolusi, sistem komunikasi manusia berkembang menjadi lebih rumit saat kehidupan juga menjadi lebih kompleks. Membaca pikiran lantas menjadi alat untuk menciptakan dan menjaga keteraturan sosial.

Kemampuan membaca pikiran muncul sejak manusia dilahirkan, dan bertambah maju pada masa remaja akhir, karena kemampuan seseorang untuk menyimpan perspektif membutuhkan kemampuan otak yang jauh lebih berkembang. Membaca bahasa tubuh merupakan komponen inti dari membaca pikiran.

Salah satu sumber untuk mengetahui apa yang sedang dipikirkan seseorang adalah mata dan otot-otot di sekitar mata. Selain itu, kita juga dapat membaca pikiran orang lain dari komponen-komponen dalam percakapan, gerak tubuh, dan nada suara. Iniah beberapa hal yang dapat membantu membaca pikiran seseorang

1. Mengenal lebih dalam lawan bicara kita, melalui interaksi yang kontinu

2. Menanyakan secara langsung kepada lawan bicara kebenaran tebakan kita tentang orang tersebut

3. Emosi yang sebenarnya dari seseorang, dapat dilihat di sekitar mata

Namun perlu diingat bahwa ekspresi emosi berbeda pada setiap suku/bangsa yang memiliki latar belakang budaya berbeda, sehingga saat ingin membaca pikiran seseorang, kita harus juga memperhatikan unsur budaya orang tersebut, jangan sampai justru menimbulkan kesalahpahaman.(bbs)

Berita Terbaru