oleh

YouTuber di Pakistan Klaim Berhasil Pertemukan Ratusan Keluarga yang Terpisah

Kabar6-Seorang YouTuber asal Kota Faisalabad, Pakistan, bernama Nasir Dhillon (37) yang mengelola kanal Punjabi Lehar bersama temannya, Sikhnya, mengklaim telah mempertemukan ratusan keluarga yang terpisah.

Saluran YouTube yang berbasis di Pakistan ini, melansir Newindianexpress, mengaku berhasil mempertemukan lebih dari 200 keluarga yang terpisah. Dalan sebuah video viral di media sosial tampak seorang pria, Muhammad Siddique, yang tinggal di Kota Faisalabad, Pakistan timur, dan Sikka Khan, warga negara bagian Punjab, India utara, berhasil dipertemukan. Keduanya tampak tak kuasa menahan tangis setelah 75 tahun terpisah. Dan semua itu berkat bantuan Dhillon.

Siddique dan Khan bertemu untuk pertama kalinya di Kuil Kartarpur Gurdwara, Pakistan. Mereka terpisah sejak 1947 karena permusuhan dua negara. “Kami menjalankan saluran web ini sebagai hobi. Fokus utama kami adalah pada cerita-cerita yang terkait dengan pemisahan,” kata Dhillon.

November tahun lalu, diungkapkan Dhillon, dia berhasil mempertemukan dua teman masa kecil yang terpisah. Sardar Singh sekarang menetap di Amerika dan keluarga temannya Raju tinggal di Pakistan.

“Kami juga memfasilitasi kunjungan penyanyi Punjabi India Gippy Grewal ke desa asalnya Chak 47 Mansooran di Faisalabad,” ujar Dhillon. ** Baca juga: Oknum Polisi LAPD Dipecat Karena Asyik Berburu Pokemon Hingga Abaikan Panggilan Radio

YouTuber itu mengaku menemukan banyak kasus di masa lalu, di mana orangtua ditinggalkan di India dan anak-anak pindah ke Pakistan atau sebaliknya. Koridor Kartarpur telah memfasilitasi pertemuan keluarga yang terpisah.

Terlepas dari dinginnya hubungan bilateral atas Kashmir, Islamabad dan New Delhi, penandatanganan perjanjian penting pada November 2019 untuk membuka koridor Kartarpur memungkinkan peziarah India mengunjungi kuil suci Sikh di Pakistan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru