oleh

Wuiih, Nelayan di Filipina Temukan Mutiara Seharga Rp1 Triliun

Mutiara raksasa seberat 34 kg.(cnnindonesia.com)
Mutiara raksasa seberat 34 kg.(cnnindonesia)

Kabar6-Mutiara adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Sama seperti cangkangnya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris.

Mutiara berharga terdapat di alam liar, tapi dalam kuantitas yang sangat jarang. Mutiara budidaya atau mutiara yang berasal dari tiram merupakan mayoritas dari mutiara-mutiara yang dijual di pasaran. Mutiara laut dihargai lebih tinggi dari mutiara air tawar.

Nah, seorang nelayan asal Filipina yang tidak diketahui namanya, menemukan mutiara raksasa seberat 34 kg. Tidak tanggung-tanggung, mutiara temuannya itu ditaksir seharga Rp1 triliun.

Nelayan tersebut menemukan mutiara berusia lebih dari satu dekade, yang berada di kerang besar di laut lepas pantai Pulau Palawan, Filipina dan menyimpannya di rumah selama 10 tahun.

Awalnya saat menemukan kerang berisi mutiara raksasa itu, dilansir brilio.net dari dailymail.co.uk, nelayan tersebut hanya menyimpannya di rumah, di bawah tempat tidur.

Dirinya tidak menyangka jika mutiara temuannya itu berharga sangat mahal. Padahal, mutiara ini adalah mutiara terbesar yang pernah ditemukan di dunia dan lima kali lebih besar dari rekor sebelumnya.

Ia sempat ditemani nelayan lain menyerahkan mutiara raksasa itu ke petugas pariwisata setempat, tepatnya di daerah terpencil Puerto Princesca. Petugas pariwisata memverifikasi bahwa mutiara yang telah ditemukan dalam kerang raksasa itu asli.

“Awalnya, nelayan melemparkan jangkar ke dasar laut dan jangkar itu pun terjebak di atas batu selama badai. Kemudian, nelayan terjun ke air untuk melihat jangkar yang terjebak di dalam laut tersebut sebelum akhirnya melihat kerang raksasa di sana,” kata Petugas Pariwisata Aileen Cynthia Amurao. ** Baca juga: Nyeleneh, Ada Parfum Pengusir Zombie

Wow, temuan yang mengejutkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru