oleh

Wuih…Mahal Banget Nilai Perangko Ini

Kabar6-Bagi Anda yang gemar mengoleksi perangko, tentu saja senang mengumpulkan berbagai jenis perangko, dari seluruh penjuru dunia.

Harga perangko pun bermacam-macam tergantung nilai historisnya. Perangko apa saja sih yang harganya selangit?

1. The Three-Skilling Yellow

Merupakan perangko salah cetak terbitan Pemerintah Swedia. Three-Skilling Yellow adalah salah satu perangko terlangka dan hanya satu-satunya yang tersisa. Pada 1996, perangko ini terjual dengan harga sekitar Rp21,85 miliar

2. The first two Mauritius

Merupakan dua seri perangko pertama yang diterbitkan Pemerintah Kolonial Inggris. Hanya tersisa satu buah perangko pertama dengan kondisi unused, dan tiga buah perangko kedua juga dengan kondisi unused.

Perangko pertama berwarna orange terjual dengan harga sekitar Rp10 miliar lebih. Perangko kedua terjual dengan harga sekitar Rp10 miliar.

3. The inverted Jenny

Merupakan perangko Amerika tahun 1918, bergambar pesawat Curtiss JN-4 dan secara tidak sengaja tercetak terbalik. Hanya 100 perangko salah cetak yang tersisa. Pada November 2007, terjual seharga Rp9 miliar. Desember 2007 terjual kepada seorang eksekutif Wall Street seharga sekitar Rp7,8 miliar.

4. British Guiana One Cent Black on Magenta

Termasuk perangko terlangka dan termahal yang dicetak di atas kertas kualitas rendah berwarna magenta dengan tinta hitam, dikarenakan kondisi darurat. Hanya ada satu buah yang tersisa di seluruh dunia. Pada 1980 telah dilelang kepada John Dupont seharga sekitar Rp8,8 miliar.

5. U.S. Franklin Z-Grill

Merupakan perangko terlangka dari semua perangko Amerika Serikat, karena hanya ditemukan dua buah yang masih tersisa. Pada 1988, terjual seharga Rp8,8 miliar.

6. Hawaiian Missionaries

Merupakan perangko pertama Hawai. Dicetak secara kasar dengan kertas yang tipis dan berkualitas rendah. Hanya beberapa perangko saja yang berhasil diselamatkan. Sebuah perangko Missionary 2 cent dengan kondisi mint (unused) seharga US760,000 dan kondisi used seharga US$225,000.

7. The Penny Black

Merupakan perangko berperekat resmi pertama di dunia, diterbitkan Pemerintah Inggris pada 1 Mei 1840. Sebuah perangko Penny Black unused menurut katalog Scott pada 2001 seharga sekitar Rp28.500.000 dan used seharga sekitar Rp1.700.000. ** Baca juga: Lucunya Manusia Terimut di Dunia

Luar biasa. (ilj/bbs)

Berita Terbaru