oleh

Wuih…Ini Buaya Terbesar yang Pernah Ditangkap

Kabar6-Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya. Namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara.

 

Beberapa tempat di dunia seperti Afrika, Australia, Amerika Serikat, dan Indonesia merupakan habitat tumbuhnya buaya-buaya menjadi reptil terbesar di dunia.

 

Berikut buaya terbesar di dunia yang pernah tertangkap oleh manusia.

 

1. Buaya Florida

Panjang empat meter, dengan berat 363 kilogram. Ditangkap pada Maret 2015. Buaya ini muncul secara tiba-tiba di sebuah lapangan golf di Kota Florida.

 

2. Buaya Pocho, Puerto Rico

Panjang lima 5 meter, dengan berat satu ton. Muncul pertama kali di sebuah sungai di kota Puerto Rico, pada Oktober 2011.

 

3. Buaya Cassius, Australia

Panjang 5,5 meter, dengan berat satu ton. Pertama kali ditemukan di Australia pada tahun 1994.

 

4. Buaya Gustave, Afrika

Panjang enam meter, dengan berat satu ton.

 

5. Buaya Lolong, Philipina

Panjang 6,40 meter, dengan berat satu ton. Pertama kali ditemukan dan tertangkap di Philipina pada Februari 2013 lalu.

 

6. Buaya Sangatta, Kalimantan, Indonesia

Panjang tujuh meter, dengan berat satu ton. Buaya ini terkenal sangat ganas dan sering memangsa manusia. Kasus terakhir terjadi pada Agustus 2015, seorang pria berusia 20 tahun di Balikpapan tewas diterkam buaya ini.

 

7. Buaya Krys, Australia

Panjang 8,6 meter, dengan berat satu ton. Nama buaya ini diambil dari penemu buaya, Krystina Pawlowski. ** Baca juga: Intip Negara Paling Bahagia di Dunia

 

8. Buaya Sarcosuchus

Panjang 13 meter, dengan berat delapan ton. Buaya ini hidup pada zaman prasejarah. Memiliki kemampuan berlari dengan kecepatan 50 km/jam. Buaya ini ditemukan sudah berbentuk fosil, yang kini tersimpan rapi di museum.

 

Hii…serem juga ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru