oleh

Wuih, 5 Kartel Narkoba di Meksiko Ini Punya Senjata dan Pasukan Setara Kekuatan Militer

Kabar6-Tidak sekadar menguasai perdagangan narkoba, Kekuatan bersenjata yang dimiliki oleh para kartel narkoba di Meksiko dan wilayah sekitarnya cukup membuat gentar aparat penegak hukum di sana.

Selain menimbulkan kekacauan dan peperangan berdarah, keberadaan mereka juga sulit diberantas karena disokong sejumlah pasukan dan persenjataan yang lengkap. Melansir Boombastis, ini lima kartel narkoba di Meksiko yang punya senjata dan pasukannya sendiri:

1. Kartel Los Zetas
Mayoritas anggotanya merupakan mantan pasukan khusus Meksiko GAFE (Grupo Aeromóvil de Fuerzas Especiales) yang membelot demi sejumlah uang. Para jagal dengan kemampuan militer inilah yang membuat kartel Los Zetas disegani.

2. Kartel La Familia Michoacana
Kelompok La Familia Michoacana adalah sindikat pengedar narkoba yang terjun ke dunia politik untuk mempermudah bisnisnya. Selain memiliki anggota bersenjata standar militer, La Familia Michoacana punya kandidat pejabat sendiri, mendanai kampanyenya, dan memaksa partai lain untuk mundur.

Mereka membangun reputasi dengan membunuh aparat penegak hukum dan ‘membeli’ pejabat lokal di negara bagian Michoacana, Meksiko.

3. Kartel CJNG (The Jalisco New Generation Cartel)
CJNG merupakan pesaing utama dari kelompok La Familia Michoacana. Kedua sindikat pengedar narkotika ini kerap mengumbar ancaman satu sama lain dengan kesadisan masing-masing.

Hanya saja, CJNG lebih mencolok lantaran memiliki pasukan bergaya semi militer yang dilengkapi dengan kendaraan taktis dan persenjataan berat.

4. Sindikat Kartel Teluk
Kartel Teluk atau Gulf Cartel mirip dengan kelompok Sinaloa karena termasuk pemain lama sejak dibentuk pada 1980-an. Masa jaya kelompok ini terjadi pada era 1990-an dengan menyelundupkan narkoba ke Amerika Serikat.

Kartel yang dipimpin oleh Osiel Cardens ini disegani lantaran memiliki pasukan khusus sendiri dan bersenjata lengkap. Keberadaan Mereka tetap eksis berbisnis narkoba lantaran menyuap pejabat tinggi Meksiko.

5. Kartel Sinaloa
Kartel Sinaloa adalah ‘penghulu’ dari kelompok-kelompok pengedar narkoba yang ada pada saat ini. Pada zamannya, kartel yang dibentuk pada 1980-an oleh Joaquain ‘El Chapo’ Guzman ini sangat disegani karena kekuatan senjatanya.

Mulai dari roket, pelontar granat, senapan mesin berat, hingga AK-47 berlapis emas milik El Chapo yang akhirnya divonis penjara seumur hidup pada 2019 lalu. ** Baca juga: Pasangan Sehidup Semati, Menikah Selama 73 Tahun dan Menjemput Ajal Bersama

Kekuatan bersenjata yang dimiliki kelompok kartel di atas, membuat pemerintah Meksiko harus jatuh bangun menghadapinya. Permasalahan pun kian rumit karena perilaku korup dari para pejabat di wilayah tertentu yang ternyata diketahui ikut ‘berbisnis’ dengan para kartel.

Mereka rela disuap dengan imbalan tertentu untuk memuluskan bisnis narkotika di Meksiko.(ilj/bbs)

Berita Terbaru