oleh

Wow, Pemkot Tangsel Siapkan WIFI Gratis di Serpong-Pamulang

Kabar6-Kabar gembira bagi Anda yang gemar berselancar lewat dunia maya, khususnya yang tinggal dan beraktivitas di kawasan sekitar Serpong dan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Pemerintah daerah setempat telah menggandeng sebuah perusahaan jasa telekomunikasi menyediakan fasilitas internet atau WIFI secara gratis demi wujudkan mewujudkan daerah yang cerdas dan modern ini dapat melek internet.

“Rencananya akan ada WIFI gratis di Jalan Raya Serpong- Pamulang. Ini baru penguraian dari PT Telkom,” ungkap Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Kamis (4/7/2013).

Airin mengatakan, pihaknya baru mendengarkan uraian pengantar dari pihak PT Telkom soal produk-produk apa saja yang ingin dikerjasamakan dengan Pemkot Tangsel.

Tahap selanjutnya akan buat tim kecil dibawah koordinasi Badan Pengolahan Teknik Informasi (BPTI) dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) bidang informatika.

Jika nantinya program WIFI atau akses internet ini berfungsi, bisa dipastikan Jalan Raya Serpong akan menjadi Indonesia pilot project WIFI Access.

Demi mencapainya, terang Airin, Pemkot Tangsel akan membentuk tim dan menunggu kesiapan Telkom memfasilitasi program tersebut.

“Ini demi mewujudkan smart city yang selama ini kita canangkan. Salah satunya bagaimana kita memanfaatkan teknologi dengan baik, juga melakukan service delevery,” jelasnya.

Jika fasilitas WIFI sudah disediakan, diharapkan server tetap diprotek untuk mencegah masyarakat terutama usia dibawah umur, mengakses situs yang terlarang.

Sementara itu, dalam presentasi dan pemaparannya General Manager PT Telkom Tangerang, Djufriyanto, memaparkan rencananya sepanjang Jalan Raya Serpong hingga bunderan Pamulang, akan terpasang akses internet.

Namun untuk tahap awal, yakni direncanakan pada Agustus mendatang, Jalan Raya Serpong hingga Taman Tekno terlebih dulu yang akan dipasangi WIFI.

“Untuk tahap awal demikian, satu orang jika mengakses sendiri, pengguna internet bisa mengakses hingga 10 mega byte (mg),” jelasnya.

Sayangnya untuk mengakses internet ini, Djuffrianto mengatakan, hanya pengguna produk Telkom saja yang bisa mengakses. Namun, untuk pengguna profaider lain, masih bisa menggunakan akses internet, dengan ketentuan tertentu.(yud)

Berita Terbaru