oleh

Wow, Pemda India Berikan Uang Rp41 Juta untuk Pria yang Bersedia Menikah dengan Janda

Kabar6-Untuk menyelamatkan para janda di negara bagian Madhya Pradesh, India, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat memiliki cara unik yang mungkin tidak dimiliki negara lain.

Departemen Sosial negara bagian Madhya Pradesh, melansir Indiatimes, akan memberikan uang sekira Rp41 juta untuk pria yang bersedia menikah dengan janda. Pemerintah mengatakan, program tersebut merupakan inisiatif pertama di negara bagian tersebut. Dengan iming-iming ini, pemerintah berharap akan ada 1.000 perkawinan dengan janda di wilayah itu tiap tahunnya.

Namun syaratnya, para janda yang yang boleh dinikahi adalah mereka yang berusia di bawah 45 tahun. Sejak program ini dirancang, belum ada angka pasti tentang berapa janda yang sudah menikah lagi.

Mahkamah Agung telah meminta Departemen Sosial untuk merancang sebuah kebijakan yang mendorong pernikahan bagi para janda. Pemerintah akhirnya mendapat inspirasi dengan memberikan insentif uang. Kebijakan ini mungkin yang pertama sejak aturan pernikahan janda di India dilegalkan pada 1856.

Untuk menyukseskan program ini, pemerintah telah menyiapkan dana sekira Rp41 miliar dalam setahun. Dalam undang-undang disebutkan, para pria yang bersedia menikah dengan janda berusia antara 18-45 tahun akan mendapat dana Rp41 juta.

Untuk memastikan bahwa program tersebut tidak disalahgunakan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain usia janda yang boleh dinikahi, pernikahan tersebut harus yang pertama bagi pengantin pria. ** Baca juga: Yummy…Tikus Jadi Menu Favorit Mafia Narkoba di Italia

Kedua, pasangan tersebut harus mendaftarkan pernikahan mereka di kantor pusat distrik tempat mereka tinggal. Bukti pendaftaran pernikahan yang dikeluarkan oleh kantor desa dan badan-badan lokal tidak akan diterima.(ilj/bbs)

Berita Terbaru