Wow! Pelangi di Taiwan Bertahan Nyaris 9 Jam

Pelangi yang pecahkah rekor hingga 9 jam.(Taiwannews)

Kabar6-Salah satu fenomena alam yang menakjubkan adalah kemunculan pelangi beberapa saat usai hujan. Itu pun tidak berlangsung lama. Namun para profesor dan mahasiswa dari Universitas Budaya Tiongkok, berhasil menyaksikan pelangi selama sembilan jam di pegunungan Taipei.

Profesor Chou Kun-hsuan, dan Profesor Liu Ching-huang, mendokumentasikan pelangi tersebut dengan bantuan mahasiswa lainnya. Melansir Taiwannews, gambar dan rekaman video menunjukkan kemunculan pelangi berlangsung dari pukul 06.57 hingga pukul 15.55. Total kemunculan pelangi sekira delapan jam dan 58 menit. Artinya, pelangi tersebut berhasil mengalahkan rekor sebelumnya untuk pelangi terpanjang yang berlangsung di Yorkshire, Inggris pada 14 Maret 1994 silam.

Menurut Guinness World Records, pelangi saat itu bertahan selama enam jam dari pukul 09.00 hingga pukul 15.00. Padahal menurut situs rekor dunia tersebut, pelangi hanya bisa berlangsung selama kurang dari satu jam.

“Dengan 10.000 gambar yang kami ambil sendiri dan banyaknya gambar dari orang di sekitar, kami yakin dapat membuktikan kepada Guinness tentang pelangi yang berlangsung selama sembilan jam ini,” kata Prof. Chou.

Menurut profesor Chou, penyebab pelangi ini berlangsung sangat lama adalah monsun utara-timur musiman yang menjebak uap air di udara dan kecepatan angin relatif lambat sekira 2,5-5 meter per detik. ** Baca juga: Sableng, Pria Tiongkok Ini Ubah Marka Jalan Agar Lebih Cepat Pulang ke Rumah

Kondisi seperti itu memang biasa terjadi di musim dingin di pegunungan Yangmingshan di Taipei, sehingga menjadikannya tempat yang ideal untuk pelangi bertahan lama.(ilj/bbs)