oleh

Wow, Ongkos Berobat di Tangsel Bakal Dinaikan

Kabar6-Pemberlakuan pelayanan berobat gratis dan murah meriah di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang Selatan (RSU Kota Tangsel) diklaim sudah dimanfaatkan betul oleh warga.

Implikasinya, banyak ruang-ruang perawatan penuh sesak oleh pasien yang menderita beragam jenis penyakit.

“Setelah diteliti ternyata banyak warga luar Tangsel yang memanfaatkan pelayanan medis di sini,” kata Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, menjawab pertanyaan kabar6.com dalam sebuah pertemuan dengan wartawan di Serpong, Sabtu (13/7/2013).

Berdasarkan data dilihatnya telah terjadi eksodus secara besar-besaran soal pasien warga asal wilayah tetangga seperti Kota Depok dan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang.

Pasien tersebut lebih memilih berobat ke puskesmas-puskesmas dan RSU di Tangsel ketimbang tempat pelayanan medis daerah asalnya.

Setelah dikaji, terang Airin, ternyata retribusi berobat di Kota Tangsel jauh lebih murah. Hal itulah yang menyebabkan kebutuhan obat semakin meningkat tajam

“Akibatnya, banyak warga yang mengantongi identitas Tangsel tidak kebagian kamar perawatan. Kalau sudah begini kan kasihan warga saya,” terang Airin seraya mempersilahkan wartawan melihat langsung daftar kunjungan pasien ke Puskesmas dan RSU setempat.

Agar warga Kota Tangsel dapat tetap menikmati layanan gratis di Puskesmas dan stok pengadaan obat dapat tetap terjaga. Airin berencana akan menaikan tarif retribusi pelayanan kesehatan khusus bagi pasien yang bukan warganya.

Sebab, alokasi dana untuk pengadaan pelayanan kesehatan gratis yang bersumber dari APBD memang seyogyanya dinikmati warga Kota Tangsel.

Meski demikian, Airin tak melarang warga wilayah tetangga masih ingin mendapatkan pelayanan kesehatan diterimanya dengan tangan terbuka.

“Bukannya tidak NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) ya. Tapi biar warga saya tetap bisa berobat gratis dan mendapatkan pelayanan lebih mudah serta baik lagi,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru