oleh

Wow, Made Snana Ala Dalit di India

Kabar6-Tahukah Anda, di India ada ritual unik yang sudah berumur ratusan tahun, bernama Made Snana atau Mandi Ludah. Ya, ritual ini umum dilakukan di Provinsi Karnataka.

Tepatnya ketika perayaan rutin yang dilakukan di kuil Berumur 4.000 tahun Kukke Subramanya. Ritual ini juga dilakukan di kuil Sri Krishna di Kota Udupi.

Seperti dikutip dari laman anehdunia.com, ritual ini mengajarkan bagaimana masyarakat Hindu berkasta rendah bergulingan di sisa makanan yang dibuang oleh masyarakat berkasta lebih tinggi.

Tujuannya adalah, agar kesusahan dan penyakit masyarakat kasta rendah hilang dan sembuh. Aneh memang, tapi itulah fakta. Bahkan, ritual rutin ini diikuti hingga 25.000 orang.

Sejatinya, sebagian Dalit yang tergabung dalam Organisasi Kesejahteraan Dalit, menentang keras ritual tersebut. Karna selain tidak manusiawi, ritual tersebut juga dianggap tidak masuk akal.

Jika mengacu logika, bila ritual tersebut benar adanya, maka seharusnya pemerintah setempat menutup rumah sakit dan lembaga kesehatan formal yang ada. Karena, setiap penyakit cukup disembuhkan menggunakan ritual Made Snana.

Bahkan, Menteri Social dan Kesejahteraan, A. Narayanaswamy yang juga seorang Dalit, mengatakan tidak ada toleransi bagi ritual ini. Tak perduli pesertanya dari kasta mana, ritual ini tetap sebuah hal yang tidak ilmiah dan menjijikan.

Namun, penjelasan berbeda terkait Made Snana justru dijelaskan oleh seorang astrologi, yang sekaligus salah satu pengikut dalam ritual tersebut, Kabyadi Jayarama Acharva.

‚ÄúPara Brahmana yang makan dianggap sebagai representasi dewa Subramanya. Dan, sisa mereka dianggap sebagai berkah dewa. Saya sendiri berguling Made Snana saat berumur 16 tahun. Dan, saat itu penyakit kulit saya sembuh,” ujar Kabyadi Jayarama Acharva. **Baca juga: Efek Nonton Pornografi, Kakak Perkosa Adik.

Lalu, benarkah mujarab yang terkandung dalam ritual tersebut? Tentu jawabnya sangat bergantung pada keyakinan masing-masing orang.(bbs)

Berita Terbaru