oleh

Wow, Harta Karun Satu Ton Ditemukan Pekerja Bangunan Spanyol

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Seperti mendapat durian runtuh, seorang pekerja bangunan di kota Sevilla, Spanyol, menemukan setumpuk koin perunggu peninggalan jaman Romawi, dengan berat total 600 kilogram.

Koin-koin tersebut disebut sebuah media lokal, sebagai benda-benda peninggalan yang sangat berharga.   

Departemen Kebudayaan Andalusia, dikutip dari monitorday.com, menjelaskan bahwa koin-koin dari abad keempat itu ditemukan dalam guci-guci batu dan atau terlihat sengaja disembunyikan.   

Ketika dibawa ke Museum Arkeologi di Sevilla untuk diteliti, para ahli mengatakan jika mereka tidak pernah melihat temuan koin serupa sebanyak itu.   

Diduga, koin-koin tersebut dibuat di bagian timur Kekaisaran Romawi, dan hanya menunjukkan sedikit tanda penggunaan, yang artinya mungkin koin-koin itu tidak pernah beredar.   

Seperti dilansir kantor berita Xinhua, koin-koin itu diduga berasal dari pendapatan pajak atau akan digunakan untuk membayar tentara.   

Setelah invasi Romawi pada 218 SM, Spanyol menjadi bagian kunci  dari Kekaisaran Romawi. ** Baca juga: Serem, Kisah Manekin La Pascualita

Masih banyak sisa arsitektur Romawi yang berdiri di Spanyol, seperti Aqueduct di Segovia, utara Madrid, dan mercusuar Romawi yang disebut “Tower of Hercules” di la Coruna dan kota Merida.(ilj/bbs)

Berita Terbaru