oleh

Wow, Guru Geografi Uganda Telan Sabu 1,2 KG

Kabar6-TM (46), Seorang guru Geografi asal Afrika Timur, Uganda, diringkus petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta (Soetta), karena kedapatan menyelundupkan sabu sebesar 1,2 kilo gram (KG) atau senilai 1,652 miliar dalam perutnya.

TM diringkus petugas sesaat setelah turun dari pesawat Qatar Airways (QR-956) rute Doha-Jakarta, dan menginjakkan kaki di Terminal 2D Bandara Soetta, Senin (12/5/2014).

Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Seotta, Okto Irianto mengatakan, penangkapan TM berawal dari kecurigaan petugas dilapangan terhadap gerak-gerik yang bersangkutan.

Bahkan, meski hasil penggeledahan tidak ditemukan adanya barang terlarang, petugas tidak langsung membebaskan TM. Melainkan, dibawa terlebih dahulu ke rumah sakit guna menjalani rontgen.

“Hasil rontgen membuktikan, bahwa teryata ada benda asing di dalam perut TM. Dan, setelah diperiksa lebih teliti, benda asing itu ternyata sabu,” kata Okto.

Dijelaskan Okto, butuh waktu dua hari untuk mengeluarkan butiran kapsul dari tubuh TM, lewat bantuan obat khusus. “Jumlahnya ada 83 kapsul,” ujarnya.

Merujuk pengakuan TM, petugas bekerja sama dengan pihak Polres Bandara Soetta untuk melakukan pengembangan ke wilayah Petojo, Jakarta Utara dan meringkus 2 WNI, masing-masing S (35) dan AL (32), yang diketahui sebagai pemesan barang di perut TM.

“Mungkin TM sedang ada masalah ekonomi, hingga mau menyeludupkan sabu ke Jakarta. Karena, bila merujuk pengakuannya, TM cuma dibayar kecil,” ujar Okto lagi. **Baca juga: PDIP Kota Tangerang Laporkan KPU ke Polisi.

Wakasat Narkoba Polres Bandara Soetta, AKP Subekti mengatakan, atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat pasal 113 dengan ancaman hukuman mati atau hukuman paling lama 20 tahun penjara.(ali/rani)

Berita Terbaru