oleh

Wow, Ada Pagelaran Lebaran Betawi di Pondok Aren

Kabar6-Suasana di sekitar kantor Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jum’at (7/8/2015), terlihat ramai.

Gelombang kedatangan ratusan warga yang berduyun-duyun bukan untuk berdemonstrasi. Melainkan ingin turut menyaksikan dan bersuka cita dalam perhelatan acara Lebaran Betawi.

Pantauan kabar6.com di lapangan, acara yang digagas oleh Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi (LIMABETA) Kota Tangsel bekerjasama dengan Kantor Kebudayaan dan Pariwisata setempat ini, digelar selama tiga hari ke depan.

“Bagus acara kayak gini ada. Di daerah rumah saya aja enggak ada yang namanya Lebaran Betawi,” ungkap Ayatul Abadiah (27), warga Kreo, Kota Tangerang ditemui di depan pintu masuk lokasi acara, Jum’at (7/8/2015).

Dijelaskan, pada kesempatan itu dirinya datang bersama anak dan tiga saudaranya. Ayatul bilang,  sengaja datang karena ingin menyaksikan secara langsung pagelaran seni dan budaya warisan leluhurnya.

Ayatul mengakui, kultur budaya dan etnis betawi sulit dipisahkan dengan wilayah Tangerang. Meski demografis warganya hetrogen tapi sebagai daerah yang berbatasan dengan ibukota masyarakat aslinya beretnis Betawi.

“Apalagi di sini betawinya masih kental,” terang Ayatul. **Baca juga: Curi Besi, Karyawan PT MMS Diganjar 8 Bulan Penjara.

Momentum langka ini langsung dimanfaatkan olehnya untuk berwisata kuliner khas Betawi. “Seneng sama makanan-makanannya,” ujarnya tersenyum.

Selama pagelaran acara Lebaran Betawi di Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, ini digelar. Anda dapat melihat berbagai jenis kebudayaan, pakaian, kesian dan menyantap aneka makanan khas Betawi.(yud)

Berita Terbaru