Home / Banten / Wow, Ada Bimbel Sampai Dongeng di TBM Kolong Ciputat
kabar6.com
TBM kolong flyover Ciputat, Tangsel.(fit)

Wow, Ada Bimbel Sampai Dongeng di TBM Kolong Ciputat

Kabar6–Taman Baca Masyarakat (TBM) yang berlokasi di kolong flyover Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) dipenuhi kegiatan positif yang ditujukan untuk masyarakat Ciputat dan sekitar.

Menurut pengelola TBM Kolong, Nia Margaretha, berdasarkan data bulan Juni 2018, TBM kolong memiliki 7 jenis buku.

Dari buku cerita, komik, buku pelajaran, buku bacaan dan lainnya, dengan total 1020 buku. Masih banyak buku yang dimiliki dan masih dalam tahap pendataan.

“TBM Kolong memiliki banyak buku bacaan gratis yang bermanfaat untuk masyarakat Ciputat dan sekitar. Dan, TBM Kolong ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh mampir dan membaca ribuan buku bacaan yang ada disini,” kata Nia, Senin (9/7/2018).

Hingga saat ini, kata Nia, pengunjung yang kerap mengunjungi TBM Kolong berasal dari lingkungan warga sekitar kolong, para pedagang, anak-anak sekolah dan komunitas-komunitas yang berdomisili di Tangsel.

“Kami sebagai pengelola sangat mengapresiasi kegiatan di tbm kolong sebagai wadah belajar dan mengajar masyarakat,” jelas Nia.

Tak sekedar taman bacaan, TBM Kolong-pun dipenuhi kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat buat masyarakat. Seperti bimbingan belajar yang dilaksanakan saban Selasa, Kamis dan Sabtu mulai pukul 16.00 WIB.

Aneka kreativitas yang merangsang tumbuh kembang anak serta dongeng menarik yang kerap dilakukan setiap hari Minggu mulai pukul 13.30 WIB. Sungguh luar biasa!

Tak hanya itu, kaum ibu dari lingkungan sekitar juga kerap dilibatkan untuk belajar dan berkreasi melalui aneka ragam kerajinan tangan yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga.

TBM Kolong juga sudah menorehkan prestasi lhoh. Belum lama ini TBM Kolong berhasil meraih Juara 1 tingkat provinsi yang sekaligus menjadi role model TBM di Banten.

“Alhamdulillah, TBM Kolong meraih peringkat pertama tingkat provinsi sekaligus menjadi role model TBM di Banten,” ujar Nia dengan penuh bangga.

Tidak itu saja, TBM Kolong juga menjadi wakil dari Provinsi Banten untuk ‘bertarung’ pada tingkat Nasional di Pontianak.

“Harapan kami, hal ini dapat menjadi bagian dari peran dalam pembangunan bangsa. Inilah bentuk pengabdian kami untuk masyarakat,” ungkapnya.**Baca juga: DLH Tangsel: Aset di Taman Kesehatan Diperiksa Kejari.

Diinformasikan, TBM Kolong ini terbentuk dari hasil kerjakeras Forum Komunikasi Pemusik Jalanan (FKPJ) bersama Komunitas BPK OI dan FISIP UIN dalam rangka mendukung program pemerintah dalam meningkatkan literasi dengan Gerakan Indonesia Membaca.(fit)

Check Also

Berikan Bantuan Hukum ke Masyarakat, HAMI Siapkan Pojok Hukum

Kabar6-Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Bersatu mengatakan melalui Hami, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pendamping hukum. ...