oleh

WH: Kemajuan Tekhnologi Jangan Bikin Kesenjangan Komunikasi

Kabar6-Kemajuan alat komunikasi dapat menimbulkan kesenjangan komunikasi antara anak dan orangtua, guru atau dengan teman sebayanya.

Akibatnya, anak tumbuh menjadi pribadi yang kurang peka, karena mereka lebih asyik dengan alat komunikasi ketimbang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

“Lihat saja, kadang anak sibuk sendiri dengan handphonenya. Jangan sampai orangtua mengalami kesulitan. Nyuruh anak juga susah, habisnya anak sibuk terus sama hp,” kata Walikota Tangerang H. Wahidin Halim (WH) saat halal bi halal dengan PGRI Kecamatan Cibodas, Jatiwung, dan Periuk di Masjid Ar Royan, Perum I Kota Tangerang, Rabu (21/8/2013).

Ia mengingatkan, kebiasaan anak sibuk dengan alat komunikasinya menimbulkan kesenjangan komunikasi sehingga melupakan komunikasi yang nyata yang seharusnya mereka lakukan.

Untuk itu para guru diminta untuk lebih memperhatikan murid di sekolahnya terkait dampak pemanfaatan alat komunikasi, karena guru juga berkewajiban mendidik anak-anak agar memiliki akhlak yang baik.

“Guru dapat menjelaskan tentang manfaat sebuah teknologi sehingga tidak terjadi kesenjangan komunikasi antara anak dan orangtua dan anak dengan guru,” ujar Wahidin yang mengakui, kehadiran teknologi informasi (TI) selain memberikan dampak positif, juga menimbulkan sisi negatif.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota juga memberikan apresiasi terhadap pengabdian para guru yang dengan ikhlas tanpa mengenal lelah terus memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anak sekolah.

“Peran guru telah memberikan kontribusi yang berharga bagi kemajuan pendidikan di Kota Tangerang,” kata Wahidin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang H. Tabrani mengatakan, halal bi halal guru dengan Walikota Tangerang merupakan agenda rutin yang dilakukan seusai Hari Raya Idul Fitri.

“Halal bi halal ini juga merupakan momen yang tepat bagi para guru untuk mendapatkan motivasi dari Walikota untuk terus meningkatkan profesionalismenya,” ujarnya.(hms/jus)

Berita Terbaru