oleh

Waspada Virus Zika, Bandara Soetta Operasikan Thermo Scanner

Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, mulai mengoperasikan thermo scanner atau alat pendeteksi suhu tubuh.

Sedianya, pengoperasian alat ini guna mengantisipasi masuknya virus zika dari luar negeri ke Indonesia, melalui penumpang pesawat. 

Terlebih, saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah memberlakukan travel advisory, khususnya terhadap penumpang pesawat yang datang dari negara berstatus KLB virus zika.

Thermo scanner sedianya bekerja mendeteksi suhu tubuh penumpang, atau suhu tubuh diatas 38 derajat. **Baca juga: Soal SHM Lapangan Balaraja, Aliansi LSM Geruduk BPN Tangerang.

Untuk diketahui, virus zika masuk dalam garis virus flavivirus atau masih keluarga yang sama dengan Demam Berdarah Dengue (DBD). Virus zika sendiri disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti. **Baca juga: Sidak, Arief “Ngomel” di Kantor Kelurahan Sudimara Selatan.

“Semua penumpang kita periksa lewat thermo scanner. Dan, jika ditemukan penumpang dengan suhu tubuh diatas 38 derajat, maka akan langsung dilakukan pemeriksaan. Jika terbukti, maka akan langsung kita evakuasi ke rumah sakit,” ujar Kepala KKP Wilayah Bandara Soetta, Santo, Kamis (1/9/2016). **Baca juga: Tak Bisa Jalan, Balita di Tangerang Butuh Bantuan.

Hingga kini, penyebaran virus zika sudah sampai ke sejumlah Negara Asia, seperti Singapura dan Thailand. Warga diimbau agar berhati-hati dan waspada ke negara-negara tersebut.(rani)

Berita Terbaru