Waspada Terhadap Beberapa Makanan yang Bisa Picu Kanker

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Dalam keseharian, banyak orang yang tidak sadar menggunakan produk kimia. Mereka mengonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker. Sebenarnya, sistem tubuh beberapa orang mungkin berakibat negatif terhadap sejumlah zat alami dan buatan. Nah, hal inilah yang harus dihindari untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di tubuh. Dilansir Boldsky, berikut adalah beberapa makanan yang dapat memicu kanker:

1. Minuman beralkohol
Banyak pria dan wanita memiliki kebiasaan mengonsumsi berbagai jenis minuman beralkohol secara teratur. Dalam penelitian disebutkan, seseorang yang cenderung berlebihan mengonsumsi bir, lebih mudah terkena kanker di bagian lambung dan pencernaan. Sementara untuk wanita dapat terancam kanker payudara.

2. Produk makanan kaleng
Makanan kaleng diketahui menjadi penyebab serius kanker menyerang tubuh manusia. Sebenarnya, dinding bagian dalam kaleng logam ini mengandung zat kimia yang disebut Bisphenol-A, atau hanya BPA. Bahan kimia ini berbahaya bagi kesehatan manusia dan kemungkinan besar akan memicu kanker saat bercampur dengan makanan yang tersimpan dalam kaleng. Terutama makanan dengan citarasa asam seperti tomat.

3. Daging merah
Banyak orang suka makan daging steak yang diolah dengan cara dipanggang. Daging yang dipanaskan dalam suhu tinggi cenderung melepaskan zat karsinogenik. Tak hanya itu, ada zat hidrokarbon dan amina yang tidak sehat, dikenal sebagai alasan utama kanker prostat dan kanker kolorektal pada manusia.

4. Minuman bersoda
Banyak minuman ringan yang populer dicampur dengan soda dalam jumlah besar. Karena soda umumnya diyakini sebagai bahan kimia yang sangat membantu dalam mencerna makanan berat. Tapi asupan minuman soda biasa menyebabkan stroke serebral, bahkan kanker di saluran pencernaan. Sebenarnya, efek asam soda melarutkan lapisan dalam perut dan usus, menyebabkan tumor yang kemudian berubah menjadi kanker.

5. Keripik kentang
Keripik kentang memiliki kandungan lemak yang menyebabkan obesitas. Penelitian membuktikan, keripik kentang mengandung beberapa bahan pengawet buatan yang berbahaya bagi kesehatan. Terlebih jika proses masaknya digoreng, dapat mengeluarkan zat akrilamida yang dikenal sebagai penyebab kanker. ** Baca juga: Menyenangkan, Ada 5 Manfaat Berpelukan

Yuk, mulai berhati-hati memilih makanan.(ilj/bbs)