oleh

Waspada, Kosmetik Bisa Pengaruhi Kesuburan Wanita

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Bagi sebagian besar wanita, bepergian tanpa mengenakan kosmetik ibarat sayur tanpa garam. Ya, wanita dan kosmetik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Namun tahukan Anda bahwa berbagai faktor, seperti zat-zat berbahaya yang berasal dari lingkungan, makanan dan wadah makanan dapat mempengaruhi tingkat kesuburan?

Penelitian terbaru, dikutip dari Aura menjelaskan bahwa kosmetik ternyata juga mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita. Seperti dilansir laman Boldsky, beberapa kandungan zat pada kosmetik berikut patut Anda waspadai:

1. Cat kuku
Kandungan benzene dan toluene di dalam cat kuku dan pewarna rambut dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Selain itu, kedua kandungan tersebut juga dapat meningkatkan risiko keguguran.

2. Kosmetik yang mengandung formaldehyde
Risiko keguguran dan ketidaksuburan juga dapat disebabkan pemakaian kosmetik yang mengandung formaldehyde.

3. Parfum
Berbagai semprotan untuk kecantikan dan parfum yang mengandung phthalates dapat mempengaruhi hormon yang berakibat pada tingkat kesuburan.

4. Krim
Beberapa zat yang ditambahkan di dalam krim dan lotion, agar menimbulkan bau harum dapat merusak kulit dan mempengaruhi tingkat kesuburan.

5. Thickener
Zat polyethylene glycol yang terkandung dalam beberapa thickener dapat menyulitkan Anda yang berencana untuk hamil.

6. Pengawet
Pengawet di dalam kosmetik, seperti benzyl alcohol dan parabens juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Selain itu, parabens juga dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. ** Baca juga: Makan Lebih dari Empat Kali Setiap Hari Cegah Selulit

So, tetap selalu behati-hati saat memilih dan menggunakan kosmetik ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru