oleh

Waspada, Kenali Tanda Kolesterol Tinggi

Kabar6-Meski penting bagi tubuh, kolesterol dalam kadar terlalu tinggi dapat mengganggu kesehatan. Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi dapat pula ditemukan di makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari, kolesterol dalam tubuhnya tidak normal. Ketika kadar kolesterol sangat tinggi barulah mereka merasakan efeknya. Karena itulah Anda harus mengenali ciri dan gejala kolesterol tinggi.

Kolesterol memang dibutuhkan di dalam tubuh, tapi jika kadar kolesterol jahat (LDL) terlalu tinggi, maka itu bisa berakibat fatal karena dapat menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke jantung. Melansir DetikHealth, ini sejumlah tanda kolesterol Anda sedang tinggi:

1. Badan mudah lelah
Meski kadar kolesterol yang tinggi jarang terdeteksi kecuali dari hasil pemeriksaan darah, dalam beberapa kasus kolesterol juga menunjukkan gejala, salah satunya yakni tubuh cepat lelah hingga mudah mengantuk.

2. Sakit kepala
Ciri lain kolesterol mulai tinggi yaitu sakit kepala di bagian belakang. Rasa sakitnya akan sangat mengganggu dan terasa berat. Sakit kepala ini akan berlangsung membaik seiring dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah.

3. Nyeri dada
Kolesterol dapat menimbulkan plak di dalam pembuluh darah. Penumpukan plak ini akan menghambat aliran darah ke jantung. Jika terjadi penyumbatan total, maka akan menyebabkan terjadinya serangan jantung. Itulah mengapa dada sering terasa nyeri saat kolesterol tinggi karena aliran darah ke jantung tidak normal.

4. Nyeri tengkuk
Tak cuma sakit kepala dan nyeri dada, kolesterol jahat yang tinggi juga bisa menyebabkan nyeri otot dan syaraf, terutama di bagian tengkuk.

Nyeri di tengkuk ini bisa disebabkan karena penumpukan plak yang menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju otak. ** Baca juga: Efektifkah Pakai Masker Kain untuk Hindari Penularan COVID-19?

Saat Anda mengalami salah satu gejala tadi, ada baiknya cek dan konsultasikan ke dokter, karena kolesterol jahat yang tinggi akan sangat berbahaya bagi tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru