Waspada, Beberapa Jenis Kanker Dipicu Karena Konsumsi Minuman Alkohol Berlebihan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal.

Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya.

Penelitian dari American Society of Clinical Oncology (ASCO) yang diterbitkan di Journal of Clinical Oncology, dikutip Aura, menyebutkan bahwa minuman beralkohol berkaitan dengan penyebab kanker. Disebutkan, beberapa jenis kanker dipicu karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol, antara lain kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, kanker hati, kanker payudara dan kanker kolon.

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa terdapat kolerasi yang cukup kuat antara konsumsi alkohol berlebih dengan munculnya jenis kanker baru. “Meskipun asosiasi ini telah terbentuk sejak lama, sebagian besar ahli onkologi, orang awam dan kebanyakan pasien kanker tidak mengetahui risikonya (meminum banyak alkohol),” kata Noelle LoConte, ahli onkologi Universitas Wisconsin.

“Ini adalah kesempatan bagi kita untuk meningkatkan kesadaran,” tambahnya.

Dikatakan Noelle, penelitian mendukung pengurangan masalah kanker yang diakibatkan oleh alkohol. Ia menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi alkohol secukupnya bukanlah sebuah masalah, namun jika Anda tidak terbiasa minum alkohol janganlah memulai untuk minum. ** Baca juga: Mengenal Gejala Umum Tubuh Kelebihan Garam

“Saya menyamakannya (kanker akibat alkohol) dengan melanoma. Kami tahu bahwa paparan sinar matahari meningkatkan risiko kanker kulit, tapi kami tidak memberi tahu pasien, untuk tidak pergi keluar. Kami hanya mengatakan, pertimbangkan diri untuk memakai tabir surya, lengan panjang dan hal-hal semacam itu,” pungkasnya.(ilj/bbs)