oleh

Warga Urban Menganggur Terancam Dikembalikan ke Daerah Asal

Kabar6-Pertambahan jumlah penduduk saat arus balik lebaran setiap tahunnya terus meningkat signifikan. Kondisi itu ditenggarai karena Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih dianggap menjadi wilayah penyangga ibukota yang menjanjikan.

 

“Mayoritas warga pendatang ini karena ingin mencari pekerjaan,” terang Kepala Bidang Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, Yusuf Ismail kepada wartawan, Kamis (1/8/2013)

 

Yusuf mengatakan, kaum urban yang datang pada tahun 2011 mencapai 5.000 orang. Sedangkan pada 2012 kembali bertambah menjadi 8.300 orang.

 

Pemerintah daerah, tambah Yusuf, tidak melarang warga datang ke Kota Tangsel asalkan memiliki keterampilan khusus dan sudah mempunyai pekerjaan yang jelas.

 

 

“Jika warga pendatang tidak mempunyai pekerjaan, Disdukcapil meminta untuk kembali kedaerahnya masing-masing. Dikhawatirkan jika warga pendatangbelum mepunyai pekerjaan akan melakukan aksi kriminalitas untuk biaya hidupnya,” kata Yusuf.

 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kata dia, pascalebaran nanti bakal meggelar operasi kepedudukan dan operasi yustisia ke kontrakan dan kos-kosan yang ditenggarai tempat tinggal sementara penduduk pendatang.

 

“Nantinya pendatang baru akan didata dan jika tidak memiliki pekerjaan jelas akan disarankan untuk kembali ke daerah asalnya,” terangnya.(yud)

Berita Terbaru