oleh

Warga Terdampak Bencana di Lebak Swadaya Perbaiki Jembatan

Kabar6-Jembatan Karian di Desa Calungbungur, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, merupakan salah satu dari puluhan jembatan yang ikut hancur diterjang banjir bandang awal Januari 2020 lalu.

Jembatan tersebut menghubungkan warga Kampung Karian dengan Kampung Nangela, Calungbungur. Derasnya terjangan air Sungai Ciberang hanya menyisakan seling bagian atas jembatan

Pasca hancur diterjang banjir, warga yang hendak ke kampung seberang harus memutar melewati kampung lain yang jaraknya berkilo-kilometer atau menaiki rakit dan perahu karet. Karena fungsinya yang penting, warga berinisiatif memperbaiki jembatan sepanjang kurang lebih 100 meter itu.

“Soalnya jembatan itu dibutuhkan sekali oleh masyarakat. Kalau jembatan enggak ada, warga harus muter atau naik rakit buat nyeberang,” kata salah seorang warga, Endang Setiawan, kepada Kabar6.com, Sabtu (29/1/2020).

Dana perbaikan jembatan berasal dari hasil iuran warga. Perbaikan dilakukan dengan cara gotong royong dengan alat-alat seadanya yang dimiliki warga.

“Ya dengan dana seadanya saja, yang ngerjain ya masyarakat gotong royong. Jembatan ini juga jadi akses ke Kecamatan Cimarga dan Muncang,” tuturnya.

**Baca juga: Soal Usulan Perluasan Kawasan Industri, DPMPTSP Lebak: Jangan Euforia.

Endang berharap, warga dua kampung yang terdampak bencana mendapatkan sarana penyeberangan yang layak dilalui. Seperti di beberapa jembatan yang dibangun oleh relawan.

“Harapannya sih memang ada yang membangun agar jembatan lebih kuat dan warga tidak khawatir saat melintasi,” kata Endang.(Nda)

Berita Terbaru