oleh

Warga Tangsel Ngarep Lebaran Betawi Rutin Digelar

Kabar6-Pagelaran Lebaran Betawi selalu menawarkan berbagai nuansa keberagaman. Pernak-pernik khas dan tradisional pun ditampilkan di etalase sepanjang Jalan Raya Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

sedianya, event ini merupakan perhelatan kali pertama pascaotonomi daerah bergulir.

Evi Herawati (29), warga Kampung Sawah, Kecamatan Ciputat, salah satu dari sekian warga yang antusias menyambut pagelaran Lebaran Betawi.

Momentum langka ini seolah enggan dilewatinya selepas bertugas di sebuah perusahaan jasa perbankan plat merah yang terletak di Jalan Raya Ceger, Pondok Aren.

Evi pun memanfaatkan pagelaran Lebaran Betawi untuk berbelanja sekaligus berwisata kuliner.

“Seru, kalau bisa rutin ada Lebaran Betawi. Dan tempat lokasinya ganti-ganti,” terangnya kepada kabar6.com, Jum’at (7/8/2015). **Baca juga: Wow, Ada Pagelaran Lebaran Betawi di Pondok Aren.

Menurut Evi, acara yang lazimnya setiap tahun selalu digelar usai umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri bisa menjadi ajang hiburan bagi warga sekitar.
Makna paling pentingnya adalah untuk memperkenalkan dan mempertahankan seni dan budaya khas Betawi.

Wanita yang mengenakan batik warna biru bermotif bunga dipadu kerudung kerudung kuning ini berburu panganan jenis dodol khas Betawi.

Evi bilang, harga yang ditawarkan juga relatif murah. Ia membeli dua potong dodol rasa duren dengan harga Rp20 ribu dengan kemasan mirip es lilin. Harga per satuan Rp10 ribu sangat murah bila dibandingkan dengan jelang lebaran.

Evi bilang, menjelang lebaran harga dodol dipasaran bisa mencapai Rp90 ribu per loyang. “Ini namanya geplak. Sekarang sudah hampir jarang ada kalau pas lebaran di rumah orang Betawi,” terangnya.

Ditambahkannya, banyak keuntungan yang akan diperoleh dari pagelaran Lebaran Betawi yang dilaksanakan setiap tahun. Tentunya mampu memupuk pemahaman bagi generasi penerus akan kekayaan seni dan budaya tradisional milik bangsanya.

“Terus orang sini enggak usah jauh-jauh ke Monas atau PRJ (Pekan Raya Jakarta) kalau mau lihat Lebaran Betawi,” tambah Evi.(yud)

Berita Terbaru