oleh

Warga Tangsel Khawatir Kartu BPJS Palsu

Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Merebaknya kasus kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan palsu di berbagai wilayah, kiranya juga memicu kekhawatiran bagi warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Umumnya, warga khawatir menjadi korban kartu BPJS palsu, dan memilih melakukan pengurusan langsung ke kantor BPJS Kesehatan tanpa melalui jasa pihak ketiga.

“Tadinya saya mau ngurus BPJS lewat teman yang mengaku bisa menguruskan. Tapi, karena maraknya pemberitaan perihal kartu BPJS palsu, saya jadi khawatir. Makanya sekarang ngurus sendiri ke sini,” ujar Ardi, salah seorang warga saat ditemui di kantor BPJS Tangsel di Ruko Taman Tekno Blok C1, Kecamatan Serpong, Rabu (27/7/2016).

Warga berharap, pemerintah setempat segera melakukan sosialisasi, perihal mana kartu BPJS yang asli dan palsu. Sosialisasi itu juga agar warga bisa mendeteksi sendiri kasus kejahatan pemalsuan tersebut.

“Sosialisasi kayaknya penting dilakukan. Karena, warga sendiri tidak tahu mana yang asli dan yang palsu. Warga biasanya baru mengetahui keabsahan kartu itu, setelah menggunakannya di rumah sakit,” ujar Ardi. **Baca juga: Razia di Cipondoh, Polrestro Tangerang Tilang 400 Pengendara.

Adanya kartu BPJS Kesehatan palsu, juga diakui oleh staf pelayanan BPJS Tangsel, Andreo Bonardo. “Disini penipuan kartu BPJS Kesehatan memang sering terjadi,” ujar Bonardo. **Baca juga: Selundupkan Ganja 1,6 Ton, Warga Banten Divonis Seumur Hidup.

Umumnya, lanjut dia, korban kartu BPJS palsu itu adalah pegawai toko yang meminta bantuan jasa oknum pihak ketiga, karena ingin mudah dan cepat selesai.(rani)

Berita Terbaru