oleh

Warga Tangsel Antusias, Ada Akta Kelahiran Gratis

Kabar6-Konsep program pelayanan prima yang telah dicetuskan oleh Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, tentang sistem jemput bola dalam pembuatan akta kelahiran tak pernah sepi peminat dari kalangan warga sekitar.

Bahkan seringkali diantara warga, ada yang sampai rela berjejalan antre menunggu giliran dipanggil petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Warga begitu sabar demi bisa menfasilitasi dokumen legal untuk para buah hati dari pernikahan resminya.

Sebab, dokumen administrasi kependudukan resmi berupa surat akta kelahiran menjadi syarat wajib yang mesti dimiliki oleh setiap warga negara di Indonesia.

Apalagi ditambah adanya layanan pembuatan yang berlaku di Kota Tangsel tak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

“Layanan jemput bola pembuatan akta kelahiran sudah terjadwal, muter ke semua wilayah di kecamatan setiap harinya,” terang Kepala Seksi Kelahiran dan Kematian, Indana Dalianti ditemui di Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, kemarin.

Di lokasi ini saja, terang Indana, pihaknya telah melayani sebanyak 150 orang warga pemohon bikin akta kelahiran untuk anak-anaknya. Petugas pun banyak memberikan penjelasan secara rinci serta lugas ke setiap warga yang sudah antre.

Petugas kerap memberikan rekomendasi serupa ke banyak warga pemohon. Biasanya mereka diminta agar segera melengkapi dokumen persyaratan yang masih kurang.

Warga pemohon pembuatan akta kelahiran juga tampak begitu semangat. Mereka rela menuruti arahan meski harus mondar-mandir dari rumahnya ke lokasi layanan.

“Pas mengetahui ada program pembuatan akta kelahiran gratis, tentunya warga enggak mau melewatkan kesempatan emas ini. Istilahnya, biar cape antre tapi kan sekali buat seumur hidup,” terangnya.

Sementara itu di lokasi sama, gayung pun langsung bersambut dari adanya pelayanan jemput? bola seperti ini. Nurul, warga pemohon akta kelahiran yang berdomisili di RT 06 RW 01, Kelurahan Pondok Ranji, mengakui dirinya merasa sangat terbantu.

“Kan yang saya denger ada ginian setiap tahun yah?. Semoga bisa lebih baik lagi harapan saya ?mah,” ujarnya. **Baca juga: KSOP Banten Pastikan Kapal yang Meledak Bukan Milik Pertamina.

Ia juga mengaku puas atas terselenggara pembuatan akta kelahiran gratis khusus bagi warga di Kota Tangsel. “Ya banyak warga yang ngarep-ngarep sejak lama, pengen bisa bikinin akta kelahiran bocah. Kan pikiran semua orangtua bikinnya mahal,” tambah Nurul.(yud)

 

Berita Terbaru