oleh

Warga Perumahan Pinang Mas Tangsel Gagas Pelatihan Bahasa Inggris Gratis Bagi Anak-anak

Kabar6-Warga Perumahan Pinang Mas, RT 07 RW 02, Kademangan, Setu menggagas sebuah pelatihan Bahasa Inggris gratis bagi anak-anak.

Penggagas pelatihan Bahasa Inggris anak-anak Perumahan Pinang Mas, Setu, Fatnu Siam Sriwatik Rahayu mengatakan, hal ini bertujuan selain mengisi liburan dengan kegiatan positif, juga membekali anak-anak kecakapan berbahasa Inggris.

Dirinya melihat penguasaan bahasa Inggris menjadi hal yang penting bagi masa depan anak-anak. Ditambah ia merasa prihatin melihat aktivitas anak-anak selama masa liburan sekolah kebanyakan hanya bermain video game melalui gawai.

“Tuntutan zaman sekarang, orang yang bisa berbahasa Inggris akan dimudahkan dalam mencari sekolah maupun pekerjaan. Misalnya, para pencari beasiswa sekolah di luar negeri juga menuntut mereka untuk bisa berbahasa Inggris,” jelasnya kepada Kabar6.com, ditulis Kamis (30/6/2022).

Dijelaskan Watik, dirinya mengubah teras rumahnya menjadi ruang belajar, serta mengajak anak-anak dan remaja di RT 07 untuk belajar Bahasa Inggris di rumahnya.

“Kegiatan belajar diadakan setiap hari dimana pagi hari merupakan jadwal belajar untuk anak-anak usia sekolah dasar, sementara usia sekolah menengah belajar di siang hari,” paparnya.

Watik menggunakan metode belajar yang membuat anak-anak mudah dalam memahami materi bahasa Inggris seperti simulasi, tanya-jawab, dan kuis. Sementara, materi yang diberikan mengikuti usia peserta pelatihan bahasa Inggris, mulai dari kosatakata, percakapan, dan penggunaan tata bahasa.

“Dalam penyampaian materi saya menggunakan video dan gambar karena dengan kedua hal tersebut anak-anak akan lebih mudah menangkap dan memahami materi yang diberikan,” terangnya.

Rencananya, Watik akan terus melanjutkan pelatihan bahasa Inggris meski masa libur sekolah telah berakhir.

Sementara, Ketua RT 07 Perumahan Pinang Mas Megi Primagara menyambut positif kegiatan belajar bahasa Inggris yang digagas oleh warganya karena anak-anak memiliki kegiatan positif selama masa liburan sekolah.

“Kita kan tahu penguasaan bahasa asing salah satunya bahasa Inggris cukup penting saat ini. Jadi kami berterima kasih sekali saat ada warga membuat pelatihan bahasa Inggris untuk anak-anak di lingkungan RT 07,” ujarnya.

**Baca juga: Cinta Adalah Kunci Keberhasilan Hidroponik Binaan IKPP Tangerang

Megi berharap pelatihan bahasa Inggris menjadi kesempatan untuk meningkatkan kecakapan anak dalam penguasaan bahasa asing. “Anak-anak jadi dapat belajar bahasa Inggris sebagai bekal masa depannya, baik digunakan untuk pendidikan maupun karirnya,” tutupnya.

Dijelaskan Megi, Perumahan Pinang Mas sendiri memiliki sekitar 63 Kepala Keluarga dengan rata-rata per keluarga memiliki dua anak usia sekolah.(eka)