oleh

Warga Ogah Jual ke Pemerintah, Pembebasan Lahan JORR 2 Molor

Kabar6-Target pembangunan jalan tol JORR 2 rute Kunciran, Kota Tangerang-Bandara Soekarno Hatta, hingga kini masih belum jelas. Bahkan, sampai di penghujung tahun 2013 ini, pembebasan lahan jalan tol sepanjang 14,19 kilometer itu baru berjalan sekitar 2 persen.

“Sampai saat ini, belum seluruh lahan jalan tol JORR 2 berhasil dibebaskan. Ini karena masyarakat menolak menyerahkan lahan berikut rumahnya untuk dibangun jalan tol,” ujar Direktur Utama PT Marga Kunciran Cengkareng selaku anak perusahaan PT Jasa Marga, Saut P Simatupang, Selasa (3/9/2013).

Dijelaskan Saut, titik persoalan tersendatnya proses pembebasan lahan JORR 2 tersebut, lebih kepada sikap warga yang masih tetap ngotot mempertahankan lahan dan rumah miliknya. Warga ogah (menolak) menjual lahannya kepada pemerintah.

“Kondisi yang ada memaksa target pembebasan lahan JORR 2 yang seharusnya dijadwal selesai tahun 2013, terpaksa diundur hingga akhir tahun 2014,” katanya.

Sedianya, dengan panjang JORR 2 yang mencapai 14,19 KM, maka dibutuhkan lahan hingga 2.400 bidang dengan luas mencapai 113 hektar. Lahan itu tersebar pada 12 kelurahan pada 5 kecamatan di Kota Tangerang.

Dan, sampai pada penghhujung tahun 2013 ini, lahan yang sudah berhasil dibebaskan baru 16 bidang lahan atau seluas 2.83 meter persegi, yang lokasinya berada diwilayah Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda, Kota Tangerang.(rah)

Berita Terbaru