oleh

Warga Desa Pulo Panjang Nikmati Penerangan PLTS

Kabar6-Kepala Bidang Energi Dinas Kelautan Perikanan Energi Sumber Daya Mineral (DKPESDM) Kabupaten Serang Heriyadi M Senaaji mengatakan, sebanyak 200 dari 1.056 Kepala Keluarga (KK) di Desa Pulo Panjang, Kabupaten Serang, Banten, sudah menikmati penerangan dari dua unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

“Keberadaan PLTS itu atas upaya pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, sekaligus merupakan program percontohan untuk wilayah Kabupaten Serang,” kata Heriyadi M Senaaji di Serang, Senin (22/7/2013).

Disebutkan, dua unit PLTS tersebut dioperasikan secara bertahap sejak Juni 2013, dan saat ini sudah dinikmati oleh 200 KK di Desa Pulo Panjang, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang.

Dua unit PLTS ini memiliki kapasitas daya 30 kilo watt (KW) untuk masing-masing 15 KW yang disambungkan ke setiap rumah penduduk sebanyak 200 KK.

“Dua unit PLTS yang dibangun pada 2012 itu merupakan program langsung dari Kementerian, dan ini sebagai program percontohan di Kabupaten Serang,” kata Heriyadi.

Ia mengungkapkan, jika program percontohan di lokasi tersebut berhasil, kemungkinan tahun ini akan ada pembangunan kembali PLTS.(ant/yps)

Berita Terbaru