oleh

Warga Cilenggang Ternyata Negatif Flu Burung

Kabar6-Hasil uji laboratorium medis terhadap pasien Novi Herdiansyah (16), warga RT 05/RW 02 Kelurahan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), telah diketahui.

Ia menderita demam tinggi dibarengi dengan matinya belasan unggas ayam peliharaan milik orangtuanya.

“Dari hasil pemeriksaan terakhir, suspect flu burung warga Cilenggang itu negatif atau tidak terserang virus H5N1 . Hari ini, pasien itu sudah bisa pulang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Dadang, Senin (9/9/2013).

Dadang mengaku sempat curiga Novi terkena virus flu burung. Maka itu, pihak Dinas Kesehatan diakuinya responsif dengan mengirimkan pasien ke rumah sakit khusus merawat penderita flu burung.

Mneurut Dadang, membawa pasien suspect flu burung Novi ke RSU Tangerang lantaran di rumah sakit plat merah itu ada ruang khusus perawatan bagi penderita flu burung.

“Pasien itu juga sempat diisolasi dan mendapat pemeriksaan intensif dari tim dokter. Namun belakangan hasilnya negatif. Jadi pasien itu tidak terkena flu burung,” paparnya.

Novi diduga terserang virus flu burung pada Jumat (6/9/2013). Pasalnya, Novi menderita gejala mirip serangan virus flu burung, yakni demam tinggi. Terlebih, dalam waktu berbarengan belasan ekor ayam di sekitar kediaman Novi mendadak mati.

Tim dari Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan setempat langsung responsif dengan kejadian itu. Tim sempat melakukan penyemprotan dan membakar ayam beserta kandangnya.

“Bukan ayah (Maman) saya saja yang ayamnya mati mendadak. Ada beberapa tetangga lain yang mengalami hal serupa,” kata Nurul (20), kakak Novi. (yud)

Berita Terbaru