oleh

Warga Cilegon Serahkan Primata Langka ke BKSDA

Primata Langka.(sus)

Kabar6-Seekor primata asal Sumatera akhirnya dikembalikan ke habitatnya. Primata tersebut diserahkan ke Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Barat Wilayah Banten, oleh warga yang sudah memeliharanya selama 20 tahun.

Novi, pemilik primata jenis Monyet Beruk, warga Komplek BBS II Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, mengaku tidak sanggup mengurus primata tersebut setelah ibundanya meninggal dunia. 

“Tadinya kan itu (monyet-red) peliharaan almarhum ibu, tapi sekarang malah enggak ada yang urus. Makanya kita mau serahkan saja kepada pemerintah,” katanya kepada kabar6.com saat ditemui di kediamannya, Kamis (25/8/2016).

Petugas BKSDA Jabar Wilayah Banten, Uday Udaya mengatakan primata tersebut belum masuk dalam daftar hewan yang dilindungi. Namun masuk dalam daftar hewan yang diawasi karena keberadaannya mulai langka dan hanya hidup di Sumatera. **Baca juga: PAN Nyatakan Dukung WH-Andika.

“Dalam waktu dekat hewan primata jenis monyet beruk ini akan segera kita amankan. Monyet ini adalah hewan apendik yang kita awasi karena masuk daftar hewan langka,” jelasnya. **Baca juga: Polisi di Tangerang Dilarang Berlebihan Gunakan Medsos.

Monyet ini rencananya akan dikirim ke Pusat Lembaga Konservasi di Wilayah Bogor untuk dilatih hidup di alam liar sebelum nantinya kembali dilepas kembali ke habitatnya.(sus)

Berita Terbaru